Ini Keunggulan Aspal Bahan Karet Dipakai di Tol Layang Jakarta-Cikampek

UANG | 20 September 2019 10:25 Reporter : Desi Aditia Ningrum

Merdeka.com - Pemerintah terus gencar melakukan pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia. Salah satu yang tengah dikerjakan ialah proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II.

Saat ini progres konstruksi proyek sudah mencapai 96,5 persen. Sementara progres pengaspalan baru 30 persen. Sisanya 70 persen sedang dikerjakan. Rencananya, sisanya bakal menggunakan aspal berbahan karet. Lantas apa keunggulan dari aspal karet? Berikut ulasannya:

1 dari 3 halaman

Tahan Hingga 15 Tahun

Rencananya aspal karet itu akan diambil dari Sumatera Selatan dan Jambi. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyebut aspal karet membuat jalan lebih tahan lama selama 15 tahun. Hal itu yang menjadi alasan Basuki memilih aspal karet.

"Kalau aspal yang biasa 10 tahun, karet bisa 15 tahun," kata Basuki.

2 dari 3 halaman

Tidak Gampang Retak

Selain tahan lama, pemilihan aspal bahan karet dipilih dalam pengasapalan Jalan Tol Layang Cikampek-Jakarta II karena karet tak gampang retak. Karet juga kuat dalam menahan suhu.

Saat ini proyek tersebut tengah dikebut. Progres konstruksi sudah mencapai 96,5 persen. Sedangkan pengaspalan baru 30 persen.

"Ini sekitar 48 derajat suhunya, bisa membelendung aspal. Kalau sama karet dia lebih tahan. Titik didih naik, tidak 48 derajat tapi 50 sekian," kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto.

3 dari 3 halaman

Produk Dalam Negeri

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memilih aspal bahan karet dalam pengaspalan proyek Jalan Tol Cikampek-Jakarta II. Aspal yang dipilih merupakan produk asli dalam negeri. Rencananya aspal tersebut akan diambil dari wilayah Sumatera Selatan.

"Justru saya mau pakai itu karet ada produk dalam negeri. Itu ngambilnya dari Sumatera Selatan, Jambi, dan itu dipakai di sini supaya nyerap karetnya," jelas Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (mdk/dan)

Baca juga:
Menteri Basuki: 70 Persen Tol Layang Jakarta - Cikampek Gunakan Aspal Karet
Tol Layang Jakarta - Cikampek Pisahkan Mobil Jarak Jauh dan Dekat
Menteri Basuki Pastikan Jalan Tol Layang Cikampek Beroperasi Penuh November
Truk Diusulkan Dilarang Naik Tol Layang Jakarta-Cikampek, Tarif Masih Dibahas
Pembangunan Proyek Tol Jakarta - Cikampek Melayang Terhambat Sutet
Jalan Tol Layang Cikampek Dibuka Libur Natal dan Tahun Baru

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.