Ini Komitmen PPSDM Geominerba untuk Pengembangan SDM

UANG | 23 Januari 2020 20:46 Reporter : Hery H Winarno

Merdeka.com - Kepala BPSDM ESDM, Wiratmaja Puja mempresentasikan pengembangan SDM di sektor energi dan sumber daya mineral Indonesia. Hal ini ia lakukan saat menghadiri Seminar Pertambangan Batubara Indonesia dan Jepang di salah satu hotel di Jakarta, Kamis (23/01/2020).

Seminar tersebut adalah salah satu bentuk kerja sama Indonesia dan Pemerintah Jepang yang direpresentasikan oleh PPSDM Geominerba, JOGMEC Japan Oil, Gas & Metals National Corporation dan Institut Teknologi Bandung.

"Menurut pesan Presiden Jokowi, prioritas saat ini yaitu pengembangan SDM. Lantaran hal itu merupakan kunci bagi kemajuan Bangsa Indonesia," ujar Wiratmaja dalam presentasinya.

Kepala BPSDM ESDM Wiratmaja Puja Saat Seminar Pertambangan Batubara Indonesia dan Jepang ©2020 Merdeka.com

Dia menjelaskan, saat ini Indonesia memerlukan perkembangan energi yang merata. Untuk itu, sektor ESDM membutuhkan pekerja tambang yang saat ini sudah mencapai 350.620 orang.

"Perkiraan pengembangan sepanjang 2020-2024, kami akan melakukan pelatihan vokasi, pendidikan vokasi, link and match program, kerja sama internasional, dan insentif berdasarkan PP No 45/2019 PMK No. 128/PMK.010/2019," terangnya.

"Saat ini kami telah melakukan sertifikasi dan pendidikan vokasi untuk 20.111 orang," lanjut Wiratmaja.

Seminar Pertambangan Batubara Indonesia dan Jepang©2020 Merdeka.com

Sebagai informasi, JOGMEC mengadakan seminar bersama untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan yang telah terselenggara. (mdk/hhw)

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.