Ini Mekanisme Pengaduan dalam Penyelesaian Sengketa dengan Pelaku Usaha Jasa Keuangan

Ini Mekanisme Pengaduan dalam Penyelesaian Sengketa dengan Pelaku Usaha Jasa Keuangan
Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sarjito. ©2021 Merdeka.com
EKONOMI | 25 Juli 2021 15:12 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Dalam interaksi antara konsumen dengan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) yang dinamis, ditambah dengan jumlah produk dan layanan jasa keuangan yang selalu berkembang menyebabkan kemungkinan terjadinya sengketa yang tidak bisa terhindarkan. Hal tersebut disebabkan beberapa faktor, di antaranya adalah adalah perbedaan pemahaman antara konsumen dengan LJK mengenai suatu produk atau layanan jasa keuangan terkait.

Sengketa juga dapat disebabkan kelalaian konsumen atau LJK dalam melaksanakan kewajiban dalam perjanjian terkait produk atau layanan dimaksud. Lalu bagaimana sebenarnya pengaduan ika terjadi permasalahan dengan Lembaga Jasa Keuangan (LJK)?

Menurut Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Sarjito, mekanisme pengaduan konsumen dalam penyelesaian sengketa di Sektor Jasa Keuangan telah disediakan yaitu melalui internal dispute resolution (IDR) yaitu penyelesaian pengaduan konsumen dengan melaporkan perselisihan kepada Pelaku Usaha Jasa Keuangan.

Pengaduan juga dapat dilakukan melalui portal aplikasi perlindungan konsumen yang disediakan OJK di https://kontak157.ojk.go.id. Konsumen juga dapat menggunakan jalur Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS) dalam penyelesaian pengaduan jika penyelesaian sengketa melalui jalur sebelumnya dirasa belum memuaskan.

"Informasi terkait LAPS dapat di akses di https://lapssjk.id/ atau telepon ke 021-29600292," ujar Sarjito dalam video dalam Chanel Youtube OJK.

Sarjito juga mengimbau kepada konsumen di Sektor Jasa Keuangan agar mengedepankan penggunaan layanan yang telah disediakan dalam menyampaikan pengaduan dan keluhan terkait produk dan layanan di Sektor Jasa Keuangan agar memperoleh penyelesaian pengaduan yang efektif. Informasi lebih lanjut hubungi Kontak OJK 157 @kontak157 melalui telepon 157, WA 081 157 157 157, atau konsumen@ojk.go.id.

Berikut mekanisme pengaduan dalam penyelesaian sengketa dengan pelaku usaha Jasa Keuangan:

(mdk/hhw)

Baca juga:
OJK Minta Keterangan Jusuf Hamka Soal Dugaan Pemerasan oleh Bank Syariah
OJK Sebut Pengaduan Bank Syariah Hanya 3 Persen dari Total Aduan Konsumen
OJK: Pengaduan Konsumen Soal Bank Syariah Hanya 3 Persen
OJK: Pelaku Jasa Keuangan Pakailah Bahasa Sederhana Sampai Konsumen Paham
Ringankan Beban Masyarakat, Pegawai OJK Salurkan Bansos Hingga Hewan Kurban

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami