Ini Ragam Manfaat dan Potensi Keuntungan Sagu Belum Banyak Masyarakat Tahu

Ini Ragam Manfaat dan Potensi Keuntungan Sagu Belum Banyak Masyarakat Tahu
UANG | 20 Oktober 2020 15:52 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Pemerintah terus berkomitmen mengembangkan industri sagu nasional baik di hulu sampai ke hilir. Bahkan pengembangan sagu nasional tidak menutup kemungkinan ke depan akan dimasukan ke dalam proyek strategis nasional (PSN).

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan pemerintah sebetulnya sudah memasukkan program sagu dalam rencana pembangunan jangka menengah (RPJMN) 2020-2024. Artinya, pemerintah sudah atau sejak awal memandang sagu sebagai bagian penting dan strategis bagi ketahanan pangan nasional.

"Hilirisasi produk sagu ini diharapkan mampu meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat dan juga bangsa. Nilai tambah juga bagi penyerapan tenaga kerja, peningkatan potensi pajak dan pendapatan asli daerah yang pada akhirnya akan tingkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut," kata dia dalam Peluncuran Pekan Sagu Nasional 2020, di Jakarta, Selasa (20/10).

Dia melanjutkan, pemanfaatan sagu ini juga sejalan dengan kebijakan Presiden Joko Widodo dalam melakukan pembangunan Indonesia melalui wilayah pinggiran. Di mana 50,33 persen total tanaman sagu berada di tanah Papua, sehingga pemerintah telah jadikan program peningkatan pengelolaan sagu nasional sebagai salah satu program prioritas.

"Banyak yang tidak memahami, mengetahui bahwa pemerintah sudah masukan program sagu dalam rencana pembangunan jangka menengah 2020-2024," katanya.

Baca Selanjutnya: Manfaat Sagu...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami