Ini Usia yang Tepat Bagi Wanita Jadi Pengusaha

Ini Usia yang Tepat Bagi Wanita Jadi Pengusaha
CEO Spring Health April Koh. ©Instagram/Spring.health
EKONOMI | 16 Oktober 2021 08:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Saat ini mungkin sudah banyak wanita yang mendambakan menjadi pengusaha di usia yang masih muda. Namun, mereka tidak berpikir di usia berapa waktu yang tepat untuk menjadi pengusaha.

Menurut salah satu CEO Unicorn wanita termuda dari Spring Health April Koh, usia yang tepat bagi seorang wanita untuk menjadi pengusaha muda adalah di awal 20 tahun.

"Saya pikir ini adalah usia yang sempurna untuk terjun menjadi seorang pendiri, ketika Anda berusia awal dan pertengahan dua puluhan," ujarnya seperti dilansir dari laman Forbes.

Akan tetapi, memulai bisnis di usia muda seperti CEO wanita dapat menghabiskan lebih banyak waktu dan istirahat. "Namun Anda tidak perlu khawatir tentang itu. Anda bisa mendorong diri Anda sendiri ke dalam perjalanan kewirausahaan dengan semua yang Anda miliki dan tidak akan rugi banyak," ucapnya.

Selain itu, Koh juga mengatakan bahwa menjadi muda disertai pengalaman yang relatif, itu adalah hal baik. Namun di sisi lain, dia telah menyesal karena membiarkan ketidaktegasannya pada saat keputusan perekrutan di awal kariernya karena informasi adanya mengenai usia.

"Awalnya saya benar-benar terobsesi untuk mengompensasi seseorang berusia muda dengan orang yang lebih tua, kemudian saya pikir saya membuat kesalahan perekrutan terbesar di Spring Health karena pemikiran tersebut," katanya.

Kemudian menurutnya, tingkat pengalaman itu yang terpenting. "Pada akhirnya, tingkat pengalaman sangat penting untuk kesuksesan dan skala bisnis, tetapi itu bukan satu-satunya."

2 dari 2 halaman
ini usia yang tepat bagi wanita jadi pengusaha

Terkait hal tersebut, seorang CEO Sean Henry pun setuju dengan Koh. Bahwa menurutnya, pengalaman merupakan hal yang unggul dibanding beragam jenis pemikiran yang mungkin memacu inovasi. Itu bukanlah cara terbaik bagi pengusaha. Utamanya mereka yang memimpin perusahaan B2B.

Di mana pelanggan cenderung memilih perusahaan yang sudah mapan dan dijalankan oleh eksekutif yang lebih tua dan berpengalaman.

Sekilas tentang April Koh, dirinya saat ini berusia 29 tahun. Dia memulai kariernya di Spring Health, sebuah platform perusahaan besar yang berkaitan tentang kesehatan mental, saat usianya baru 24 tahun. Bahkan saat itu dia masih berstatus sebagai mahasiswa di Universitas Yale.

Enam tahun kemudian dan setelah pengumpulan dana yang berhasil mencapai USD 190 juta, Koh mengembangkan perusahaannya tersebut menjadi bernilai USD 2 miliar. Dia berhasil menyalip salah satu pendiri Shippo Laura Behrens Wu yang pada saat itu menjadi CEO unicorn wanita termuda.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Semangat Mekanik Wanita Bertubuh Mungil di Mesir
Hedy Lamarr, Bintang Hollywood & Penemu yang Pantenkan Teknologi Cikal Bakal WiFi
Deretan Bos Perusahaan Tercantik dan Kaya di Dunia
Potret Montir Berhijab di Uni Emirat Arab
Pekerja Perempuan Hadapi Tantangan Lebih Besar saat Bekerja dari Rumah
4 Pebisnis Muda Indonesia Masuk Daftar Forbes, Usia di Bawah 30 Tahun

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami