INKA Kesulitan Cari 'Tempat Parkir' 134 Gerbong LRT Jabodebek

UANG | 19 Agustus 2019 15:22 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - PT INKA (Persero) mengharapkan kereta LRT Jabodebek yang diproduksi dapat segera dikirim ke Jakarta. Saat ini pabrik INKA yang terletak Madiun sudah penuh oleh kereta LRT Jabodebek.

Adapun satu rangkaian kereta LRT Jabodebek sudah siap untuk diuji coba di Jakarta. Sementara, sebanyak 134 body kereta LRT sudah rampung dan siap kirim.

"Kita hampir 134 kereta selesai, sudah penuh itu. Maka, dengan persetujuan KAI kita akan naruh setelah di tes di bawa ke sini," kata Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro, di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (19/8).

"Target 1 besok ini selesai, maka harus ada tiga, tiga, tiga setiap bulan selesai FAT (factory acceptance test)-nya, testing and commissioning di sana (Madiun). Operasinya tergantung nanti kalau selesai infrastruktur," lanjut Budi.

Dia menjelaskan jika ke-134 kereta yang sudah selesai tersebut tidak segera dikeluarkan dari pabrik, maka INKA akan mengalami kesulitan dalam melanjutkan proses produksi.

"Sudah dibuat body-nya (134 kereta). Cuma kalau tidak dikeluarkan ya mampet. Saya tidak bisa produksi lagi. LRT semua, sudah merah semua tadi," urainya.

Menurut dia, satu rangkaian kereta LRT Jabodebek pertama akan diuji coba pada awal September mendatang. "Operasinya kalau sudah selesai infrastrukturnya, kita mau uji coba semaksimal mungkin di lintasan sebenarnya sesuai spesifikasi atau tidak," jelas dia.

Dia berharap uji coba dilakukan secara optimal, paling tidak dalam waktu 6 bulan. Sebab, kereta tersebut menggunakan teknologi khusus dan tidak dioperasikan oleh masinis.

"Karena kita tidak pakai masinis, driver less. Teknologi (LRT) baru ini, betul-betul waktunya cukup untuk trial, paling tidak 6 bulan lah untuk bisa mengetahui keandalan kereta ini," tandasnya.

Baca juga:
LRT Cibubur-Cawang Diuji Coba Bulan Depan
Meski Merugi, 5 Proyek Ini Diyakini Bangkitkan Penggunaan Transportasi Publik
5 Proyek Ini Disebut Belum Berikan Pendapatan ke Negara
4 Kritik Pedas Wapres Jusuf Kalla Terkait Kondisi Ekonomi Indonesia
Pesona Model Cantik saat Fashion Show di LRT
Pembatasan Usai Kendaraan DKI Musti Dibarengi Penyediaan Transportasi Massal Mumpuni
Dishub DKI Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Rasuna Said Imbas Proyek LRT

(mdk/bim)