INKA: Pandemi Covid-19 Buat Pengiriman Pasokan Bahan Baku dan Produk Terhambat

INKA: Pandemi Covid-19 Buat Pengiriman Pasokan Bahan Baku dan Produk Terhambat
UANG | 16 September 2020 15:30 Reporter : Idris Rusadi Putra

Merdeka.com - PT Industri Kereta Api (INKA) menyatakan kondisi pandemi Covid-19 berdampak pada bisnis perusahaan. Salah satunya yaitu terhambatnya pengiriman pasokan bahan baku komponen yang dibutuhkan untuk produksi serta pengiriman produk kepada pelanggan.

"Dampak Coivd-19 ini tidak hanya berkaitan dengan kesehatan masyarakat dan pekerja tapi juga bagaimana dia menghambat pasokan sumber bahan baku maupun setelah hasil, setelah jadi, delivery (pengiriman) juga tidak bisa dilakukan tepat waktu," kata Komisaris Utama PT INKA, Gede Pasek Suardika dalam webinar, Rabu (16/9).

Suardika menuturkan, hal itu pun mempengaruhi arus kas (cashflow) perusahaan. Pasalnya, produk yang sudah selesai tidak akan tercatat sebelum tiba di tangan konsumen. Akhirnya rapor perusahaan menjadi merah.

"Di workshop kami, dari 31 trainset LRT Jabodebek, 15 di antaranya sudah siap, yang dikirim baru satu trainset sehingga menumpuk di sana. Itu enggak bisa diakui sebagai pendapatan karena belum ada delivery. Dites saja belum sehingga rapornya merah padahal hasilnya sudah ada," ungkapnya.

Tidak hanya pengiriman produk yang telah selesai, proyek yang tengah dikerjakan pun mengalami keterlambatan pengiriman komponen impor. Alhasil, proyek-proyek yang dikerjakan pun perlu dinegosiasi kembali mulai dari sisi pemasok, pembeli, hingga sumber pendanaannya.

Baca Selanjutnya: Harap Dukungan Pemerintah...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami