Inovasi BRI Genjot Kredit UMKM di Masa Pandemi

Inovasi BRI Genjot Kredit UMKM di Masa Pandemi
UANG | 15 Juli 2020 19:05 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Direktur Bank Rakyat Indonesia (BRI), Sunarso, mengatakan BRI melakukan berbagai inovasi dalam proses penyaluran kredit usaha menengah kecil dan mikro (UMKM). Di mana, salah satunya, survei tatap muka yang biasanya dilakukan sebagai syarat diganti.

Penyaluran kredit Bank BRI kali ini tidak perlu lagi menggunakan survei tatap muka. "Kita bisa ngasih kredit tanpa tatap muka tanpa survei, (tetapi) melalui digital lending. Sekarang bergeraklah kita buat ekosistem digital," kata Sunarso dalam Webinar CORE Economic Forum bertajuk Langkah Penting Perbankan dalam Mendorong Bisnis UMKM di Masa Pandemi, Jakarta, Rabu (15/7).

Selain itu, dalam proses penilaian, Bank BRI menggunakan penilaian kehidupan sosial (social behaviour score). Caranya melihat perilaku seseorang dalam menggunakan kartu kredit.

"Dilihat dari perilaku bagaimana menggunakan credit card, bagaimana cashflownya untuk spending, itu kita lihat," ujar dia.

1 dari 1 halaman

BRI Genjot Penyaluran Kredit

penyaluran kredit rev1

Sunarso mengungkapkan, saat ini ekspansi kredit masih lamban. Sebab, masyarakat saat ini belum mau mengambil kredit baru karena daya beli masih rendah.

Sunarso mengakui selama Mei tidak bisa melakukan ekspansi pemberian kredit. Sebab, saat itu BRI fokus pada restrukturisasi.

Namun sejak Juni terutama pada minggu ketiga dan keempat, proses restrukturisasi mulai melandai. Maka dari itu, BRI bisa fokus untuk ekspansi penyaluran kredit.

"Kredit mikro saja bulan Juni kita bisa ekspansi Rp17,7 triliun. Artinya sekarang sudah mulai tumbuh. optimis kita bisa bangkit tapi tetap waspada," katanya mengakhiri.

(mdk/bim)

Baca juga:
Dapat Suntikan Dana Rp10 Triliun, Bank BRI Sudah Salurkan Kredit UMKM Rp13,59 Triliun
BRI Sebut UMKM Perlu Diselamatkan Dari Dampak Pandemi Guna Kembalikan Lapangan Kerja
Jadi yang Tertinggi, BRI Catatkan Penjualan ORI017 Rp2,19 T per Juli
Tim Asistensi BRI Optimis Bisa Bantu Pemulihan Bank Bukopin
Permintaan KPR Subsidi Naik Hingga 40 Persen di Juni 2020
Dibantu Bank BRI, Bos Bukopin Optimis Likuditas Terus Membaik
Bos BRI Optimis Penyaluran Kredit Tumbuh 5 Persen di 2020

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami