Inspiratif, PNS Ini Temukan Glaucoma Implant Harga 10 Kali Lipat Lebih Murah

UANG | 4 November 2019 11:29 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Seorang dokter dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) terpilih menjadi kandidat PNS inspiratif berkat perjuangannya melindungi pasien glaucoma dari kebutaan. Berkat penemuan Virna ini, harga implant mata pun bisa sembilan kali lebih murah.

Virna Dwi Oktariana membuat temuan bernama Virna Glaucoma Implant yang bisa menurunkan tekanan bola mata pasien glaucoma agar menghambat kebutaan. Harga implant miliknya hanya Rp 1,8 juta, sementara produk impor bisa menyentuh Rp 10 juta.

"Glaucoma implant ketersediaannya sangat sulit di Indonesia. Glaucoma itu angka kebutaan nomor dua di Indonesia," ujar Virna usai presentasi Anugerah ASN 2019 di Kementerian PAN-RB, Senin (4/11).

Virna memulai penelitian soal glaucoma implant ini pada tahun 2005. Hasil temuannya juga sudah di-approve Kementerian Kesehatan pada bulan Mei lalu dan mulai dimanfaatkan pasien.

Saat ini, dia juga sedang dalam proses kerja sama dengan ahli dari Australia untuk berinovasi memudahkan operasi glaucoma. Dia pun membuktikan bahwa sebagai PNS dia masih bisa berkarya positif.

"Menjadi PNS bukan hanya terkait tugas tugas rutin kita tetapi bisa menghasilkan sesuatu yang membantu masyarakat," ujar Virna yang menjadi PNS di RSCM sejak tahun 2014.

Virna adalah satu dari lima besar nominee PNS Inspiratif di Anugerah ASN 2019. Penghargaan ini menyeleksi dari 100 nominee dari seluruh Indonesia.

Reporter: Tommy Kurnia

Sumber: Liputan6.com

(mdk/idr)

TOPIK TERKAIT