Intip, Megahnya Bandara Sentani Jayapura Sambut PON XX 2021

Intip, Megahnya Bandara Sentani Jayapura Sambut PON XX 2021
Bandara Sentani Jayapura Jelang PON XX 2021. ©Liputan6.com
EKONOMI | 16 September 2021 21:15 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Angkasa Pura I terus melakukan pembenahan Bandara Sentani Jayapura untuk mendukung kesuksesan penyelenggaraan PON XX yang akan mulai dilaksanakan pada Oktober 2021 mendatang.

Adapun beautifikasi terminal dilakukan dengan mengatur ulang lay out area komersial dan merenovasi interior dengan mengadopsi kearifan lokal batik dan motif ukir khas Sentani.

Selain beautifikasi terminal penumpang, juga dilakukan pelapisan landas pacu (tapering) untuk meningkatkan kekuatan landas pacu sehingga pesawat Boeing B737 800 NG dan Boeing B737 900ER dapat mendarat mulus, dan perbaikan apron, serta perbaikan taxiway.

bandara sentani jayapura jelang pon xx 2021
©Liputan6.com

Untuk menghadirkan semarak PON, di Bandara Sentani juga dibuat instalasi booth, branding gate keberangkatan dan kedatangan, wall branding hall di area keberangkatan dan kedatangan.

Bandara Sentani memiliki landas pacu berdimensi 3.000 meter x 45 meter dengan kapasitas apron 13 parking stand untuk pesawat berbadan kecil (narrow body), 8 parking stand untuk pesawat kargo, dan 11 parking stand untuk pesawat kecil berbaling-baling (propeller).

Pesawat terbesar yang mampu dilayani saat ini yaitu B-737 800 NG dan 900 ER. Sementara gedung terminalnya memiliki luas 14.300 meter persegi (2 lantai) dan kapasitas ruang tunggu dapat menampung 2.045 orang.

bandara sentani jayapura jelang pon xx 2021
©Liputan6.com

Kini Bandara Sentani Jayapura memiliki wajah yang lebih segar dan cantik setelah beautifikasi terminal penumpang seluas 14.300 meter persegi (2 lantai) rampung dilakukan. Beautifikasi ini dilakukan untuk menyambut perhelatan dan kedatangan para atlet serta kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 dari berbagai daerah di Indonesia.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
Rentetan Aksi KKB Dinilai Manfaatkan Gelaran PON Demi Cari Perhatian Internasional
Polri Sebut Pelibatan Brimob Kawal Kontingen PON Kewenangan Masing-Masing Daerah
Bupati Jayapura Protes Kontingen Sumbar: Tak Perlu Bawa Brimob, Papua Aman!
31 Personel Brimob Ditugaskan Kawal Kontingen NTT di PON XX Papua
BNPB Siapkan 2 Juta Masker di Empat Arena PON XX Papua
Pemprov DKI Siapkan Anggaran Hingga Rp140 M Untuk Atlet Peraih Medali di PON Papua

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami