Investor Pasar Modal Tumbuh 3 Kali Lipat Sejak 2019, Didominasi Milenial dan Gen Z

Investor Pasar Modal Tumbuh 3 Kali Lipat Sejak 2019, Didominasi Milenial dan Gen Z
IHSG Ditutup Menguat 0,66 Persen. ©2020 Liputan6.com/Angga Yuniar
EKONOMI | 14 Juni 2022 13:32 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Pandemi Virus Corona tidak menyurutkan minat investor untuk melakukan investasi di pasar modal. Hal ini terlihat dari tren pertumbuhan jumlah investor di Indonesia masih berlanjut hingga pertengahan tahun ini baik investor reksadana, C-Best, maupun Surat Berharga Negara (SBN).

Deputi Komisioner Pengawasan Pasar Modal I OJK, Djustini Septiana mengatakan, semenjak merebaknya pandemi Covid-19 terjadi percepatan pertumbuhan jumlah investor. Tercatat sejak akhir 2019 hingga pertengahan tahun ini, jumlah investor pasar modal telah meningkat hingga 300 persen atau sekitar 3 kali lipat.

"Peningkatan jumlah investor cukup signifikan," kata Djustini, Jakarta, Selasa (14/6).

Sementara itu, jumlah investor pasar modal sudah mencapai 8,88 juta investor per awal Juni 2022. Jumlah tersebut meningkat 18,66 persen dari posisi akhir 2021, yakni sebanyak 7,48 juta investor.

Adapun pertumbuhan jumlah investor ditopang oleh kalangan gen z dan milenial. "Jadi kalau kita lihat, jumlah investor yg menguasai pasar modal itu lebih dari 80 persen dikuasai kaum milenial dan gen z," katanya.

2 dari 2 halaman

Nilai Investasi Investor Tua Masih Terbesar

investor tua masih terbesar

Sementara itu, dilihat dari nilai asetnya, investor berusia 51 tahun ke atas masih menjadi penyumbang utama pasar modal. Investor berusia 60 tahun ke atas tercatat masih menjadi investor dengan nilai aset paling besar, yakni Rp553,09 triliun.

Selanjutnya, menurut catatan OJK, investor berusia 51 tahun hingga 60 tahun menempati peringkat kedua generasi investor dengan aset terbesar, dengan nilai mencapai Rp 243,3 triliun. Kemudian, investor berusia 41 tahun hingga 50 tahun memiliki total nilai aset sebesar Rp 165,83 triliun.

Djustini melanjutkan, investor yang berusia 31 tahun hingga 40 tahun dan 30 tahun ke bawah masing-masing memiliki total nilai aset sebesar Rp 98,73 triliun dan Rp 53,77 triliun. "Kita berharap dengan mulainya, teman-teman milenial mencintai pasar modal maka mereka yang akan menggeser kaum yang sudah mapan saat ini, yang sudah berada di atas 51 tahun," tandasnya.

(mdk/bim)

Baca juga:
Usai Bukalapak dan GoTo, Blibli Dikabarkan Bakal Ikut Melantai di Bursa Saham
IHSG Dibuka Turun, Simak Rekomendasi Saham Hari ini
IHSG Dibuka Menguat, Analis Rekomendasikan Saham WIKA hingga UNVR
IHSG Dibuka Merah, Simak Saham Rekomendasi Hari Ini
IHSG Dibuka Menguat, Berikut Rekomendasi Saham untuk Dikoleksi Hari ini
Per 28 April 2022, Investor Pasar Modal Naik 15,11 Persen
IHSG Dibuka Melemah, Simak 9 Rekomendasi Saham Hari ini

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini