Istana Kepresidenan di Papua, Menteri Basuki Survei Lokasi Dekat Jembatan Holtekamp

UANG | 11 September 2019 12:37 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu baru saja mengusulkan pembuatan Istana Kepresidenan di Papua. Namun begitu, dia belum merinci di mana lokasi persisnya istana itu akan dibangun.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan dirinya baru mendapat perintah terkait pembangunan istana negara di Papua pada Selasa kemarin.

"Baru kemarin saya diperintahkan oleh beliau melalui pak Setneg (Pratikno). Kami baru mau survei lokasinya, tanah ada 10 ha untuk disiapkan buat pembangunan istana yang di Jayapura atau di Papua," ujar dia di Jakarta, Rabu (11/9).

Mendapat titah ini, dia menyatakan, pihaknya akan melakukan sayembara untuk penyusunan desain Istana Papua. Namun, bentuknya tidak akan sama persis dengan istana negara yang ada di Jakarta.

"Jangan dibayangkan seperti istana negara, tapi kayak wisma negara. Sehingga kalau sebagai kantor presiden kalau beliau ada di sana," ungkap dia.

Secara detail lokasi, Menteri Basuki menyampaikan, ide awalnya bakal berada di perbukitan tak jauh dari Jembatan Holtekamp, Jayapura. "Ide yang saya dapatkan dekat Jembatan Holtekamp, ada bukit di sana. Kami belum survei," sambungnya.

Dia juga rupanya belum mengetahui calon lahan untuk proyek Istana Papua tersebut milik siapa. Akan tetapi, masyarakat setempat sudah memberi persetujuan untuk dilakukan pembangunan.

"Belum tahu. Karena di sana (Papua) banyak rakyat, suku, sehingga mungkin harus kita lihat dulu persis. Kalau mereka sih sudah oke aja, tapi belum tahu," tukas dia.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Pastikan Keberadaan Veronica Koman, Polisi Datangi Konjen Australia di Surabaya
Hadiah Jokowi Buat Papua
Polda Papua Tangkap Buchtar Tabuni
NasDem Minta Jokowi Terbitkan Perpres Larangan Miras Beredar di Papua
Ketua DPR Dukung Rencana Jokowi Bangun Istana Negara di Papua
Kepala BIN: Tokoh Papua yang Bertemu Jokowi Komitmen Jadi Ujung Tombak NKRI
Tokoh Papua minta Revisi UU Otsus, Mendagri akan Kaji dengan Menkeu dan Bappenas

(mdk/bim)