Izin Merger Bank Syariah Indonesia dari OJK Terbit Pekan Ini

Izin Merger Bank Syariah Indonesia dari OJK Terbit Pekan Ini
OJK. ©2013 Merdeka.com/Harwanto Bimo Pratomo
UANG | 19 Januari 2021 13:53 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) disebut akan mengeluarkan surat izin penggabungan tiga bank syariah BUMN pada pekan ini. Dengan diterbitkannya izin tersebut maka, Bank Syariah Mandiri, Bank BNI Syariah dan Bank BRI Syariah resmi bergabung dan berganti nama menjadi PT Bank Syariah Indonesia.

"Izin merger dari OJK, ini bisa terima minggu ini," kata Ketua PMO Merger Bank Syariah Milik BUMN, Hery Gunardi dalam Webinar Sharia Economic Outlook 2021, Jakarta, Selasa (19/1).

Proses merger tiga bank tersebut telah dilakukan sejak Maret 2020. Setelah menjalani berbagai macam proses, akhirnya, dalam waktu dekat surat izin dari OJK tinggal menghitung hari.

"Proyek ini dari Maret tahun lalu, ini berproses dari bulan ke bulan, dan saat ini makin dekat jelang 1 Februari," kata dia.

Setelah surat izin tersebut sudah di tangan, pihaknya akan langsung mengurus syarat-syarat administratif ke Kementerian Hukum dan HAM untuk memproses beberapa hal lainnya. Diharapkan semua proses tersebut bisa selesai sebelum tanggal 1 Februari.

"Setelah itu kita lanjutkan dengan pengesahan nama baru Bank Syariah Indonesia di Kemenkumham dan juga untuk logo barunya," kata dia.

Bila proses tersebut selesai dilakukan, maka pada tanggal 1 Februari akan dilakukan prosesi merger secara resmi. Dalam waktu yang bersamaan kata Hery, pihaknya akan me-disclaimer hasil penggabungan bank syariah plat merah sebagai bank syariah terbesar di Indonesia.

"Semoga tanggal 1 Februari ini bisa dilakukan legal merger dan kami bisa declare telah lahir bank syariah terbesar di Indonesia yaitu Bank Syariah Indonesia," kata dia. (mdk/idr)

Baca juga:
Merger Bank Syariah Indonesia Diminta Waspadai Perbankan Malaysia
OJK Optimis Keuangan Syariah Indonesia Bakal Kalahkan Negara Lain, Ini Indikatornya
Bos OJK: Kinerja Keuangan Syariah Lebih Baik Dibanding Konvensional
Wapres: Indonesia Bisa Jadi Pemain Keuangan Syariah yang Diperhitungkan di Global
Penggabungan 3 Bank BUMN Syariah Diharapkan Bisa Perluas Akses ke Segmen Mikro
Bank Syariah Indonesia Fokus Utamakan Nasabah dan Pelaku UMKM
Syariah Adalah Perintah Allah, Berikut Penerapannya dalam Dunia Perbankan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami