Jadi Bos Pajak, Ini Tugas Berat Suryo Utomo

UANG | 1 November 2019 11:34 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melantik Suryo Utomo menjadi Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan. Dia mengatakan menjadi Dirjen Pajak adalah tugas berat karena 70 persen penerimaan negara berasal dari pajak.

"Saya memilih kata sangat berat karena 70 persen penerimaan di dalam APBN kita untuk mendukung seluruh aktivitas republik ini adalah berasal dari Direktorat Jenderal Pajak," ujarnya di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Jumat (1/11).

Dia menilai, pengalaman Suryo di Kementerian Keuangan cukup menjadi bekal untuk memimpin institusi pajak ke depan. "Suatu perjalanan karir yang saya anggap sangat lengkap untuk bisa menyiapkan diri di dalam posisi sebagai Dirjen pajak," jelasnya.

Menurutnya, tugas Direktorat Jenderal Pajak sangat penting, namun perlu untuk diingat bahwa seluruh pemangku kebijakan harus bekerja dengan tema Indonesia maju dan harus dapat maju bersama menghadapi tantangan.

"Indonesia hanya akan bisa maju apabila pejabat-pejabat terutama di dalam jajaran pajak dan bea dan cukai adalah mereka-mereka yang senang tidaknya wajib tapi senang melayani secara ikhlas bagi kegiatan ekonomi Indonesia," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Pekerjaan Berat Suryo Utomo

Sri Mulyani mengatakan, pekerjaan berat Suryo Utomo ke depan adalah mampu tetap menjaga momentum penerimaan negara namun tidak boleh merusak iklim bisnis dan investasi. Selain itu, Ditjen Pajak juga harus mampu menjaga penerimaan negara dari sisi ekonomi digital dan e-commerce.

"Karena itu adalah titipan yang diberikan langsung oleh Presiden, kepada pak Suryo dan melalui saya agar Dirjen pajak mampu tetap menjaga momentum penerimaan negara namun tidak boleh merusak iklim bisnis dan investasi suatu kombinasi tujuan yang berat," jelasnya.

"Direktorat Jenderal Pajak harus makin diperkuat kita juga menghadapi tantangan perubahan teknologi di mana ekonomi digital dan e-commerce menjadi sangat penting dan menentukan urusan perpajakan dan penerimaan pajak bagi ekonomi digital dan e-commerce Masih pada tahap formulasi awal," sambungnya.

Suryo juga diharapkan mampu melakukan reformasi di bidang reformasi Sumber Daya Manusia. Sebab, sumber daya manusia yang baik dan berkualitas akan menciptakan pegawai yang penuh integritas.

"Integritas dari ujung atas hingga ujung di hulu dan hilir di bawah semuanya seragam dan perlu kita perlu terus menata organisasi Direktorat Jenderal Pajak dan mengelola data yang begitu kaya," jelasnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Sri Mulyani Lantik Suryo Utomo jadi Dirjen Pajak
Sri Mulyani Pastikan Pelantikan Dirjen Pajak Dilakukan Besok
Usai Google dan Facebook, Pemerintah Bakal Kejar Pajak Netflix
Benarkah E-commerce Tak Bayar Pajak?
Pernyataan Sri Mulyani Tak Pisahkan Ditjen Pajak dari Kemenkeu Dipertanyakan
Peringkat Kemudahan Bisnis Indonesia Stagnan, Ini Kata Kemenkeu