Jadi Dirut Baru Bank Mandiri, Royke Fokus Perampingan Birokrasi dan Anak Usaha

UANG | 9 Desember 2019 16:22 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Mandiri (Persero) Tbk resmi mengangkat Royke Tumilaar menjadi Direktur Utama (Dirut) perseroan mengisi kekosongan kursi yang ditinggalkan oleh Kartika Wirjoatmodjo.

Pasca pengangkatan, Royke berjanji akan mempelajari tugas perampingan birokrasi yang diamanatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada setiap instansi negara.

"Kita guidance akan dipegang, itu akan kita pelajari mengenai guidance for perampingan," ujar dia saat sesi konferensi pers di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (9/12).

Royke mengatakan, jumlah anak usaha di bawah Bank Mandiri relatif tidak banyak, hanya 12 perusahaan. Kontribusinya sampai saat ini pun signifikan, tumbuh di atas 10 persen dari total net income perseroan.

"Jadi di dalam diversivikasi dan pengembangan usaha kita tentunya melihat tidak semata mata melihat untuk pengembangan aset, tapi melihat agar mandiri value-nya bisa lebih baik lagi ke depan," ucap dia.

Dia mengatakan, kinerja Bank Mandiri selama di bawah Tiko, panggilan akrab Kartika Wirjoatmodjo juga telah mumpuni. Royke kemudian berjanji untuk meneruskan catatan baik tersebut.

"Secara bottom line juga bagus, dan kita dapat penghargaan dari QCA. Saya lebih meneruskan kekosongan di Mandiri untuk jabatan direktur utama," tukas Royke.

1 dari 1 halaman

Saham Bank Mandiri Menguat

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank Mandiri menyepakati pengangkatan Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Royke Tumilaar sebagai Direktur Utama dan Silvano Rumantir sebagai Direktur Keuangan dan Strategi.

Corporate Secretary Bank Mandiri, Rohan Hafas mengatakan, bankir muda yang juga merupakan talenta internal Bank Mandiri ini memiliki pengalaman yang mumpuni di sektor keuangan sehingga dapat memacu lebih kencang pengembangan bisnis perseroan.

Merespons kebijakan ini, saham Bank Mandiri di Bursa Efek Indonesia bergerak menguat. Pagi tadi, saham bank dengan kode perdagangan BMRI ini dibuka di level 7.200. Setelah istirahat siang atau sekitar pukul 15.00 WIB, saham Bank Mandiri naik jadi 7.300.

Tercatat, saham BMRI telah naik 1,05 persen sepanjang perdagangan hari ini.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
Erick Thohir Angkat Royke Jadi Dirut, Saham Bank Mandiri Bergerak Menguat
Sepak Terjang Royke Tumilaar, Bos Baru Bank Mandiri
Sah, Royke Tumilaar Jadi Dirut Bank Mandiri
Ditunjuk jadi Wakil Komisaris Utama Bank Mandiri, Ini Sepak Terjang Chatib Basri
Erick Thohir Tunjuk Royke Tumilaar Jadi Direktur Utama Bank Mandiri

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.