Jadi Holding BUMN Asuransi, IFG Solusi Tingkatkan Stabilitas Keuangan Nasional

Jadi Holding BUMN Asuransi, IFG Solusi Tingkatkan Stabilitas Keuangan Nasional
UANG | 20 Oktober 2020 14:30 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Indonesia Financial Group (IFG) telah resmi ditetapkan sebagai BUMN holding perasuransian dan penjaminan BUMN. Hal ini merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 20 Tahun 2020 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara ke dalam Modal Saham PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) yang sekarang menjadi IFG.

Direktur Utama IFG, Robertus Billitea menyebut, dengan konsolidasi aset sebesar Rp72,5 triliun (per Maret 2020) IFG akan menghadirkan layanan keuangan khususnya asuransi, investasi, dan penjaminan yang lengkap, prudent, dan memiliki tata kelola perusahaan yang baik. Dengan aset bernilai fantastis perusahaan penyelamat polis Jiwasraya itu akan berkolaborasi melalui ekosistem bisnis baik BUMN maupun non BUMN.

"Dengan sinergi yang kokoh bersama pemerintah dan seluruh anggota holding, IFG akan menjadi salah satu solusi terdepan dan terpercaya untuk meningkatkan stabilitas dan inklusi keuangan nasional, memperkuat daya saing di sektor asuransi dan penjaminan, serta memperkuat fungsi investasi dalam ekosistem asuransi nasional, terutama di dalam BUMN," ujar dia dalam konferensi virtual, Selasa (20/10).

Robertus mencatat saat ini IFG memiliki 9 anggota holding, di antaranya PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo), PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), PT Jasa Raharja, dan PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo). Lalu, PT Bahana Sekuritas, PT Bahana TCW Investment Management, PT Bahana Artha Ventura, PT Grahaniaga Tata Utama dan PT Bahana Kapital Investa.

Direktur Bisnis IFG Pantro Pander Silitonga mengungkapkan, sebagai salah satu pilar utama penggerak industri finansial di Indonesia, IFG berfungsi penting dalam menopang perekonomian nasional. Di antaranya melalui pengadaan transfer risiko, penguatan fungsi investasi, dan perbaikan kelayakan kredit.

Baca Selanjutnya: Tingkatkan Kinerja...

Halaman

(mdk/idr)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami