Jadi Wamen BUMN, Bos Inalum dan Bank Mandiri Siapkan Pengunduran Diri

UANG | 25 Oktober 2019 13:38 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Direktur Utama PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) Budi Gunadi Sadikin dan Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo dikabarkan akan menjadi wakil menteri Bandan Usaha Milik Negara (BUMN), mendampingi Menteri BUMN Erick Thohir.

Dengan adanya penunjukan ini, baik Budi maupun Kartika mengaku akan segera mengurus pengunduran dirinya di masing-masing perusahaan. Kartika mengaku, Bank Mandiri akan segera menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

"Hari ini saya pasti akan mengundurkan diri. Nanti akan dilakukan RUPSLB. Mungkin dalam waktu 40 hari ke depan," kata Kartika yang akrab dipanggil Tiko di Jakarta, Jumat (25/10).

Sementara itu, Budi juga akan mengurus pengunduran dirinya. Namun, proses yang dilakukan tidak akan serumit seperti yang dilakukan Kartika.

"Kalau saya perusahaannya bukan perusahaan terbuka, jadi harusnya lebih gampang," jelas Budi.

Mengenai pembagian tugas sebagai wamen BUMN, keduanya belum bisa memastikan. Untuk itu, pembagian tugas ini akan diserahkan kepada Menteri BUMN Erick Thohir.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengajukan tiga hingga empat nama wakil menteri ke Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Menurut dia, Jokowi nantinya hanya akan memilih satu atau dua nama saja untuk membantunya mengurusi perusahaan plat merah itu.

"Kita mengajukan beberapa nama, beliau menyeleksi malam ini kemungkinan segera diangkat besok. Ada 3-4 nama (diajukan). Tapi kan nanti beliau milih satu dua," kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (24/10). (mdk/azz)

Baca juga:
Bos Mandiri dan Inalum Dikabarkan Jadi Wakil Menteri BUMN
Kebijakan Ekonomi Para Menteri di Kabinet Indonesia Maju
Erick Thohir: Wakil Menteri BUMN Kemungkinan Diangkat Besok
Pulihkan Merpati Airlines, BUMN Tak Bergantung pada Investor
PPA Dukung Kajian Keuangan Merpati Airlines
Baru Dilantik jadi Menteri, Erick Thohir Gelar Rapat Internal

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.