Jaga Harga Pangan Jelang Natal, Kemendag Bakal Gelar Operasi Pasar di Ritel Modern

UANG | 8 November 2019 18:22 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Perdagangan mengaku sudah siap menjaga ketersediaan dan harga pangan jelang liburan Natal dan Tahun Baru 2020. Salah satu caranya yaitu menggelar operasi pasar di ritel modern.

Operasi pasar ini akan dilakukan dengan berkolaborasi antara pengusaha ritel modern dan Perum Bulog. Usaha Kemendag akan makin intens pada dua minggu menjelang Nataru.

"Baru saja dilakukan rapat bersama antara ritel modern yang ada di seluruh Indonesia di mana Pak Menteri (Agus Suparmanto) telah memberikan guidance agar dalam rangka stabilisasi bahan pokok, khususnya beras, nantinya ritel modern akan menjual Beras Milenium di seluruh Indonesia," ujar Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Suhanto dalam jumpa pers bersama Menteri dan Wakil Menteri Perdagangan di Jakarta, Jumat (8/11).

Pihak Bulog juga turut hadir dalam rapat tersebut dan setuju pada operasi pasar di ritel modern. Diharapkan program ini bisa menjaga harga pangan tetap di Harga Eceran Tertinggi (HET).

"Jadi kami harapkan dengan adanya ritel modern ikut serta nanti, semua barang-barang kebutuhan pokok, khususnya yang ada HET seperti beras, minyak goreng, gula pasir, dan daging akan selalu dalam keadaan terjamin HET-nya," jelas Suhanto.

1 dari 1 halaman

Kumpulkan Kepala Dinas

Kemendag juga sudah mengumpulkan kepala dinas dari 34 provinsi untuk memonitor harga pangan. Suhanto menyebut sejauh ini tidak ada gejolak apapun terkait pangan.

Para eselon I pun sudah ditugaskan untuk terjun langsung memimpin rapat koordinasi bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Sebanyak 15 provinsi yang umumnya memperingati hari raya Natal pun akan menjadi prioritas yang akan dipantau dari segi pasokan dan harga. (mdk/idr)

Baca juga:
Gelar Operasi Pasar, Budi Waseso Perintahkan Pejabat Bulog Turun ke Lapangan
BI: Operasi Pasar Efektif Kendalikan Inflasi di Solo
Harga Cabai Masih Tinggi, Pemkot Solo Belum akan Lakukan Operasi Pasar
Jaga Kualitas Beras, Menko Darmin Dukung Bulog Perpanjang Operasi Pasar
Antusiasme Warga Pemegang KJP Serbu Pasar Murah
Operasi Pasar Bulog Salurkan 225.000 Ton Beras Sepanjang Ramadan 2019