Jaga Perekonomian, Pemerintah Jamin Kelancaran Operasional di Pelabuhan

Jaga Perekonomian, Pemerintah Jamin Kelancaran Operasional di Pelabuhan
Pelabuhan. ©2013 Merdeka.com/arie basuki
UANG | 20 Februari 2021 11:23 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menjamin pemerintah terus berupaya melindungi seluruh operasional kegiatan pelabuhan di tengah pandemi Covid-19. Hal ini dimaksudkan agar kinerja pelabuhan tetap kinclong di masa kedaruratan kesehatan akibat penyebaran virus covid-19.

"Pemerintah terus memastikan operasional kegiatan ekonomi dan pelabuhan. Ini agar (kinerja) tidak terganggu," ujar dia dalam acara Peringatan HUT Ke 6 Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI), Sabtu (20/2).

Dia menambahkan, melalui upaya perlindungan operasional pelabuhan ini juga dimaksudkan untuk memastikan setiap layanan tetap berjalan prima. "Karena pelabuhan inilah tempat berputarnya roda perekonomian," tekannya.

Kendati demikian, upaya pelindungan terhadap operasional pelabuhan saja tidak cukup untuk mengembalikan tren positif kinerja pelabuhan. Mengingat pandemi ini telah berdampak serius terhadap ekonomi nasional." Dan pelabuhan ikut terdampak," tambahnya.

Maka dari itu, diperlukan keterlibatan aktif oleh ABUPI selaku asosiasi maupun stakeholders lainnya untuk melahirkan berbagai inovasi. Termasuk di antaranya dalam menjalankan aktivitas bisnis. "Dan pada akhirnya akan berkontribusi terhadap perekonomian nasional," tegasnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Dukung Ekonomi Jabar, KKP Bangun Pelabuhan Cikidang Rp 22 Miliar
Akhir Pekan, Menhub Blusukan Cek Protokol Kesehatan di Pelabuhan
Pemerintah Target Pelabuhan Terintegrasi Maluku Beroperasi 2023
Wujudkan Maluku jadi Lumbung Ikan Nasional, Pemerintah Bidik Tulehu Bangun Pelabuhan
Genjot Ekonomi Lampung, Pemerintah Bakal Bangun Bakauheni Harbour City
Hipmi Minta Kemenhub Terapkan Konsep Si Andalan untuk Pengurusan Izin di Pelabuhan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami