Jakarta Diharapkan Jadi Contoh Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Jakarta Diharapkan Jadi Contoh Tujuan Pembangunan Berkelanjutan
UANG | 26 November 2020 12:39 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus melakukan upaya agar tujuan pembangunan berkelanjutan atau (Sustainable Development Goals/SDGs) di Jakarta bisa tercapai. Setidaknya, dengan capaian itu pusat Ibu Kota akan menjadi percontohan bagi provinsi atau daerah-daerah lainnya.

"Jadi ini kita perlu kerjakan sama-sama Jakarta jadi barometer tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) bisa tercapai," Deputi Gubernur Bidang Pengendalian Kependudukan dan Pemukiman Provinsi DKI Jakarta, Suharti, dalam acara diskusi Aksi Menuju Pembangunan Berkelanjutan Dalam Masa Pandemi Covid-19, di Jakarta, Kamis (26/11).

Dia menambahkan, untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan pihaknya sudah menyiapkan beberapa strategi alternatif. Salah satunya adalah melalui penguatan data. Hal itu penting dilakukan, agar seluruh data terintegrasi menjadi satu dan bisa dipantau seluruh masyarakat.

"Kita ada Jaki atau Jakarta Kini. Masyarakat bisa mendapatkan update yang ada di Jakarta. Setiap sore mereka juga bisa menerima update informasi Covid-19," ujarnya.

Penguatan data juga perlu dilakukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat atas pentingnya kekuatan data untuk menghindari penyalahgunaan data. Baik sifatnya kepentingan pribadi atau golongan tertentu.

Di samping itu, inovasi juga terus dilakukan Pemprov DKI Jakarta dalam upaya mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Caranya dengan meningkatkan kualitas dan inovasi terhadap kebutuhan masyarakat. Mulai dari kebutuhan dasar, pembiayaan premi JKN BPJS, KJP, dan penyediaan JakWIFI.

"Inovasi baru terus dikerjakan jangan sampai pandemi merusak semua menjadi kesempatan kita untuk perbaikan. Contoh penyediaan JakWIFI. Tidak semua warga punya dana membeli pulsa dan paket data, maka kita sediakan di titik-titik RW kumuh. Masyarakat bisa gunakan secara mudah, anak-anak bisa akses dengan baik. UMKM yang lakukan bisnis online bisa terbantu karena ada JakWIFI," papar dia.

Kemudian stregi lainnya selain penguatan data dan inovasi adalah kolaborasi. Pemprov DKI Jakarta terus melakukan perluasan kolaborasi melalui Jakarta Development Collaboration Network (JDCN) untuk mempertemukan match-making berbagai pemilik sumber daya dengan kebutuhan warga.

JDCN sendiri adalah forum kolaborasi dan ko-kreasi yang dibentuk oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memfasilitasi kolaborasi di Jakarta menjadi kota yang berkelanjutan, modern, sejahtera, dan tangguh demi kebahagiaan warganya dengan terwujudnya model Kota 4.0. (mdk/azz)

Baca juga:
Mandalika Diyakini Bakal Saingi Sirkuit MotoGP Buriram di Thailand
Jalan Tol Trans Sumatera Telah Tersambung Sepanjang 513 Km
Teknologi Transaksi Tol Non-Tunai Tanpa Sentuh Siap Diterapkan
Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Siap Dukung Arus Mudik Lebaran 2021
Pembangunan Infrastruktur Taman Nasional Komodo Harus Sesuai Ekosistem & Budaya Lokal
4 Alasan Minimnya Perusahaan Indonesia Terapkan Pembangunan Berkelanjutan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami