Jalankan Bisnis Obat, Mantan Guru Kimia Jadi Wanita Terkaya di Dunia

UANG | 18 Juni 2019 08:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Mantan guru kimia asal China, Zhong Huijian (58) kini menjadi salah satu wanita terkaya di negaranya. Tak hanya itu, predikat kekayaannya juga self-made alias hasil sendiri.

Dilaporkan South China Morning Post, Zhong mendulang kekayaan berkat perusahaan Hansoh Pharmaceutical. Perusahaan itu dia bangun pada tahun 1995 dan dia menjabat sebagai Chairman. Sebelumnya, dia pernah mengajar sebagai guru kimia.

Zhong lulus dari Jiangsu Normal University pada tahun 1982. Dia kemudian mengajar kimia SMP di kota Lianyungang, provinsi Jiangsu. Di kota itu pula dia mendirikan perusahaannya.

Dia menjadi wanita terkaya ketiga di China usai saham Hansoh dilepas ke publik di Bursa Efek Hong Kong pada Jumat lalu. Kekayaan Zhong pun bertambah hingga USD 7,9 miliar atau Rp113 triliun (USD 1 = Rp14.345).

Secara pribadi, Zhong memegang 68 persen saham di perusahaan. Sementara, suaminya Sun Piaoyang (60) juga bekerja di sektor farmasi dan CEO di Jiangsu Hengrui Medicine.

Analis menyebut sinergi antara Hengrui dan Hansoh memberikan mereka keuntungan di industri, terutama dalam hal R&D dan distribusi. Kedua perusahaan juga berada di kota yang sama.

Selain menjadi wanita terkaya, kekayaan Zhong dan suami mengantar mereka ke daftar para pasangan terkaya di China. Gabungan harta keduanya mencapai sekitar USD 19 miliar (Rp272,5 triliun).

Financial Times menyebut pada penutupan bursa Jumat lalu, Hansoh berhasil naik 22 persen. Nilai saham Zhang pun melonjak jadi USD 9,7 miliar (Rp139 triliun).

Reporter: Tommy Kurnia

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
5 Artis Terkaya Ini Dulunya Hidup Miskin
4 Kesalahan Sepele yang Disesali Miliarder saat Usia 20-an
5 Tips Sederhana Jadi Orang Terkaya
Kisah Mengejutkan Para Orang Kaya Indonesia Ini Pernah Jadi Sopir
Kisah Pendiri Zilingo, Beri Peluang Sukses untuk Wirausaha Wanita
Rahasia Sukses Tony Fernandes Kelola AirAsia yang Dulu Nyaris Bangkrut

(mdk/idr)