Jalur Pantura bakal diperbaiki jelang Lebaran 2017

UANG | 6 Februari 2017 21:21 Reporter : Faiq Hidayat

Merdeka.com - Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) tengah berupaya untuk memperbaiki jalan nasional jelang Lebaran atau Idul Fitri 2017. Salah satu jalan yang difokuskan adalah jalur Pantai Utara atau Pantura, sehingga tak ada lagi kecelakaan yang terjadi di jalur tersebut.

"Tujuan dari melakukan instruksi ini adalah supaya kita bisa menangani kerusakan jalan yang saat ini dalam kondisi darurat," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto di Kantornya, Jakarta, Senin (6/2).

Menurutnya, saat ini ada puluhan jalan yang rusak ringan dan berat yang disebabkan tak ada saluran air di pinggir jalan. Namun, perbaikan jalan akan dilakukan tambal sulam. Alasannya, musim hujan masih akan terjadi hingga Maret 2017.

Arie menegaskan permasalahan yang terjadi di Jawa Tengah disebabkan permasalahan drainase dan ruas jalan sempit. Sedangkan di Jawa Timur, permasalahannya ada di jalanan terendam banjir.

"Tantangan pengendalian air, musim hujan panjang dapat warning kondisi berlangsung terus sampai Maret, berikutnya kita masih belum bisa menahan beban lebih terhadap kerusakan jalan ruas-ruas tertentu dan volume lalu lintas tinggi sekali," jelasnya.

Meski begitu, lanjutnya, pihaknya tak akan menunda perbaikan jalan tersebut. Alasannya, perbaikan jalan nasional ini sudah darurat. Untuk total anggaran, perbaikan jalan nasional di jalur Pantura ini mencapai Rp 19,7 triliun.

"Perbaikan jalan nasional ada Rp 19,7 triliun atau 47 persen dari tanggung jawab dikelola Bina Marga. Namun demikian, tak mencukupi bisa menunda kegiatan yang belum mendesak supaya jalan bagus," pungkasnya. (mdk/sau)

Baca juga:
Menhub Budi sebut LRT Palembang diujicoba pada Asian Games 2018
Kemenhub restui pembangunan fly-over Manahan senilai Rp 52 miliar
Menhub Budi: Rusia siap bangun rel kereta api Kaltim-Kalteng
Teras Cihampelas, pedestrian di langit-langit Bandung ramah difabel
Ridwan Kamil resmikan teras Cihampelas: Ini pertama di Indonesia
PU-Pera: Pembebasan lahan untuk Tol Bocimi selesai tahun ini
Pelindo I kejar pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.