Jangan Pusing, Ini Jurus Jitu Lunasi Tagihan yang Menumpuk

Jangan Pusing, Ini Jurus Jitu Lunasi Tagihan yang Menumpuk
Ilustrasi stres. Shutterstock/KieferPix
UANG | 5 Maret 2021 07:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Seiring bertambahnya usia, maka kebutuhan seseorang akan semakin meningkat. Apalagi jika orang tersebut sudah berkeluarga maka pengeluarannya akan bertambah juga. Sayangnya, tak semua orang bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan membayar tunai. Alhasil, mereka harus menyicil atau menggunakan kartu kredit.

Namun, banyak juga orang yang menyalahgunakan fungsi kartu kredit hanya untuk berfoya-foya. Ini akan menyebabkan tagihan menumpuk yang harus dibayar setiap bulan dan bahkan Anda tidak memiliki cukup uang untuk membayar semuanya.

Memiliki terlalu banyak tagihan berarti Anda harus siap mengalami kehancuran finansial. Jika tidak segera mengubah sesuatu, masalah uang hanya akan bertambah buruk. Menghabiskan penghasilan setiap bulan adalah salah satu kebiasaan belanja yang dapat menyebabkan utang.

Berikut beberapa tips yang harus dilakukan ketika tagihan menumpuk, dilansir The Balance.

1. Bikin daftar tagihan

Mulailah dengan membuat daftar semua tagihan, jangan hanya mengandalkan ingatan saja karena mungkin Anda tidak akan mengingat semua tagihan yang harus dibayarkan setiap bulan. Gunakan laporan bulanan untuk membantu memulai dalam pencatatan. Jika telah mendaftar untuk penagihan tanpa kertas, cetak laporan dari internet.

Tinjau rekening giro untuk melihat tagihan mana yang Anda bayarkan setiap bulan untuk mengisi setiap tagihan yang mungkin terlewatkan. Daftarnya mungkin sangat banyak, tapi jangan khawatir. Ini adalah langkah penting dalam menyederhanakan dan menghilangkan stres kehidupan finansial Anda.

2. Mulailah Menggabungkan Tagihan

Apakah ada layanan yang dapat Anda gabungkan? Misalnya, dapatkah mendapatkan asuransi pemilik rumah, mobil, dan lainnya melalui perusahaan yang sama? Atau mungkin menggabungkan kabel, internet, dan telepon rumah?

Jika semua orang di rumah menggunakan paket seluler yang berbeda dan satu orang yang membayar, pertimbangkan untuk pindah ke paket keluarga. Itu bahkan dapat menghemat uang dengan menggabungkan paket. Gabungkan beberapa saldo kartu kredit dengan mentransfer saldo hanya ke satu kartu kredit.

Anda harus memulai dengan batas kredit yang cukup tinggi untuk mengakomodasi semua saldo itu. Kartu kredit transfer saldo dengan tingkat bunga promosi akan memungkinkan untuk memadatkan pengeluaran dan menghemat uang untuk bunganya.

Baca Selanjutnya: 3 Lunasi Beberapa Tagihan Terkecil...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami