Janji Erick Thohir ke Jokowi: Pertamina Capai Valuasi USD 100 Miliar di 2024

Janji Erick Thohir ke Jokowi: Pertamina Capai Valuasi USD 100 Miliar di 2024
Erick Thohir. istimewa ©2021
EKONOMI | 21 September 2021 11:45 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri BUMN, Erick Thohir berkomitmen kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk terus membesarkan PT Pertamina (Persero) yang telah merampungkan restrukturisasinya dengan membentuk 6 subholding.

Erick terus mendorong subholding Pertamina untuk terus memperkuat produksinya, sehingga bisa jadi 100 perusahaan terbesar dunia dengan valuasi USD 100 miliar.

"Nah ini kita akan pastikan sub-subholding ini menjadi pondasi yang kuat untuk Pertamina, menuju valuasi USD 100 miliar, karena Pertamina sendiri sudah masuk global 500 perusahaan terbesar," kata dia saat peresmian pabrik Hot Strip Mill 2 milik Krakatau Steel di Kota Cilegon, Banten, Selasa (21/9).

"Jadi tidak ada istilah turun, dan harus terus naik. Yang penting pondasinya kita jaga, supaya di 2024 kita bisa punya penjualan USD 92 miliar, dan keuntungan di USD 8 miliar. Sehingga valuasi bisa di USD 100 miliar," tegas Erick Thohir.

Erick pun menceritakan, kinerja Pertamina terus meningkat sejak merampungkan proses restrukturisasi dan mempunyai 6 subholding pada awal September lalu. "Kalau kita lihat sendiri, performance-nya luar biasa, dengan kita memfokuskan masing-masing subholding sesuai expertise masing-masing," ujar dia.

Pertamina disebutnya juga memiliki temuan baru di hulu berupa potensi gas dan minyak baru sebesar 204 juta barel. Erick menilai, hal itu sungguh menggembirakan di kala produksi migas nasional terus menurun.

"Dan di hulu sendiri sekarang di kuarter II bulan Juni, itu untung USD 1 miliar, dan itu terus kita lakukan. Selama ini juga kilang dan petrochemical menjadi beban, kemarin sudah untung USD 280 juta," tutur dia.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
Harga BBM Jenis Pertamax Turbo Naik Jadi Rp12.300 per Liter, Ini Rincian Tiap Wilayah
Cari Terobosan Baru, Kemenkeu Tempatkan Pegawai di Pertamina dan PLN
Pertamina Telah Bangun 293 Lembaga Penyalur BBM Satu Harga
Ahok Apresiasi Penerapan Digitalisasi di Wilayah Kerja Blok Rokan
Kementerian ESDM Resmikan 17 Lembaga Penyalur BBM Satu Harga
Transformasi Subholding Gas Siap Tingkatkan Pemanfaatan Gas Bumi Saat Transisi Energi

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami