Jasa Marga Kembangkan Teknologi Pengganti Tapping Kartu di Gerbang Tol

UANG » MALANG | 5 November 2019 18:36 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT Jasa Marga (Persero) tengah mengembangkan teknologi pengganti tapping kartu di gerbang tol agar transaksi lebih mudah dan cepat. Saat ini ada dua pilihan teknologi yang bisa dibenamkan di kendaraan pengguna.

"Pertama, menggunakan stiker, ditempel di kendaraan lalu ada alat yang akan otomatis scan stiker tersebut. Kedua, menggunakan OBU (on board unit) yang ditanamkan dalam kendaraan," ujarnya di Jakarta, Selasa (5/11).

Dia menambahkan, segala hal yang dapat mempercepat transaksi di gerbang tol sedang diupayakan oleh pemerintah. Karena, selain menghemat waktu, tentunya antrean akan semakin sedikit.

"Sistem baru yang sedang dirancang ini diharapkan bisa mengurangi waktu transaksi dari 7 detik menjadi 1-2 detik saja," ujarnya.

Meski demikian, segala inovasi teknologi ini tentu harus menunggu arahan dan regulasi dari pemerintah, karena tentu tidak bisa asal diterapkan. "Tentu saja, kita harus menunggu regulasi dulu untuk teknologi ini," tutupnya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Jasa Marga Butuh Puluhan Tahun Tentukan Untung Rugi Pengelolaan Tol
Jasa Marga Fokus Kebut Pembangunan 3 Ruas Tol ini Hingga Akhir Tahun
Siap-Siap, Tarif 18 Ruas Tol Direncanakan Naik Tahun Ini Termasuk Jagorawi
Beroperasi Sebelum Natal, Tarif Tol Layang Japek II Masih Dibahas
Seminggu Digratiskan, Berikut Daftar Tarif Tol Pandaan-Malang Seksi IV
Kemenhub Target Jalan Tol dan Penyeberangan Bebas dari ODOL di 2020

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.