Jasa Marga risau tol terkena dampak amblesnya Jembatan Comal

UANG » MALANG | 21 Juli 2014 21:25 Reporter : Nurul Julaikah

Merdeka.com - PT Jasa Marga khawatir amblesnya Jembatan Comal di Pemalang, Jawa Tengah berdampak pada kemacetan di jalan tol. Pasalnya, saat ini dampak kemacetan sudah menjangkau jarak 100 Km dari Jembatan Comal.

Berdasarkan info yang didapat oleh Direktur Utama Jasa Marga, Adityawarman, kemacetan sudah sampai di daerah Purwokerto. Dia khawatir dampak kemacetan ini akan sampai di Cirebon.

"Agak jauh sekitar 100 Km pasti berdampak yang selama ini lancar. Kita belum tahu, belum pernah kasus itu, ini vital menuju Jawa Tengah," ujar Adityawarman di Kantor Jasa Marga Cawang-Tomang-Cengkareng, Jakarta, Senin (21/7).

Kementerian Pekerjaan Umum (PU) memang menjanjikan pada Kamis jembatan di sisi utara atau Cirebon ke Jawa Tengah akan selesai dan siap beroperasi. Akan tetapi tetap akan berpengaruh bagi arus balik dari arah selatan atau Jawa Tengah ke Cirebon.

"Comal putus berdampak luar biasa terhadap kami, karena Comal menuju Jateng. Jadi pengaruh pada arus balik karena berpengaruh yang ke Jakarta," kata dia.

Adityawarman menambahkan pihaknya telah menyiapkan simulasi rekayasa lalu lintas jika memang kemacetan sampai di jalur tol. Pihak kepolisian telah digandeng dalam implementasinya.

"Sudah dilakukan uji coba, tinggal polisinya saja. Kita sidah lakukan rekayasa secara optimal," ucap dia.

(mdk/bim)