Jasa Marga Soal Tarif Tol Trans Jawa Mahal: Kita Tak Ambil Untung

UANG | 19 Februari 2019 14:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Direktur Keuangan Jasa Marga, Donny Arsal angkat bicara mengenai tarif tol Trans Jawa yang dinilai mahal. Menurutnya, pihak Jasa Marga tidak ambil untung selama beberapa tahun dari tarif yang ditentukan saat ini.

"Bertahan saja sudah berat. Kira-kira 5 hingga 7 tahun kita berusaha untuk tutup operasional, bayar bunga. Itu memang biasa, nature of business. Awal-awal memang belum bisa untung," ujar Donny di Graha CIMB Niaga, Selasa (19/2).

Dia mengungkapkan penentuan tarif tol Trans Jawa sudah didasarkan pada biaya konstruksi, kemampuan membayar dan manfaat. Apalagi dari segi manfaat, tol Trans Jawa bisa mempercepat pengiriman.

Selain itu, Jasa Marga memang tidak bisa langsung menikmati untung, karena investasi membutuhkan waktu yang lama, bahkan mungkin akan balik modal dalam waktu 50 tahun.

"Itu (investasi) bukan buat anak-anak kita, cucu kita itu, 50 tahun lagi. Saat ini kita fokus melewati negative cashflow dulu," ungkapnya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Lewat Tol Trans Jawa Dapat Diskon 15 Persen, ini Aturannya
Komisi VI DPR Nilai Tarif Tol Solo-Ngawi Mahal & Belum Mampu Berikan Nilai Tambah
Jasa Marga Tunda Kenaikan Tarif Tol Bandara Soetta
Jasa Marga akan Naikkan Tarif Tol Dalam Kota
Tarif Tol Trans Jawa Dinilai Mahal, Wapres JK Persilakan Lewat Jalur Biasa
Subsidi Silang, Skema Pemerintah Turunkan Tarif Tol Trans Jawa

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.