Jasa Raharja Target 275.000 Orang Ikut Program Mudik Gratis BUMN Tahun Ini

Jasa Raharja Target 275.000 Orang Ikut Program Mudik Gratis BUMN Tahun Ini
UANG | 10 Maret 2020 13:28 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada tahun ini kembali membuka program BUMN Mudik Bareng Tahun 2020. Dalam kesempatan ini, PT Jasa Raharja kembali tampil selaku ketua satgas mudik gratis BUMN ini.

Direktur Utama Jasa Raharja Budi Rahardjo Slamet menargetkan jumlah pemudik mencapai 275.000 orang di tahun ini, naik 10 persen dibandingkan tahun 2019 sebesar 250.000 pemudik.

"Karena adanya animo masyarakat semakin meningkat untuk melakukan perjalanan mudik," kata Dirut Jasa Raharja di Komplek Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (10/3).

Untuk pendaftaran program mudik gratis bareng BUMN, Budi Rahardjo menyarankan pemudik untuk melakukan pendaftaran secara online, yang telah di buka sejak bulan Februari 2020 dengan alamat portal https://mudikbumn.co.id. Hal ini di nilai lebih efisien dan mudah di akses oleh sejumlah pemudik.

"Namun, bagi pemudik yang berencana mendaftar secara offline, bisa menghubungi call center perusahaan BUMN yang terdaftar program mudik gratis bersama. Tapi kan repot," imbuh dia.

Adapun syarat administrasi yang harus dipenuhi oleh pemudik untuk mengikuti program mudik gratis bumn, yaitu; KTP, SIM C, STNK Motor dan KK. Pada program mudik gratis bumn tahun ini akan menyasar 83 kota keberangkatan dan 103 kota tujuan yang tersebar di seluruh wilayah nusantara.

"Rencana awal keberangkatan program mudik, yakni dengan moda angkutan bus pada tanggal 19 Mei 2020, di GBK Senayan," tandasnya.

1 dari 1 halaman

Turunkan Personel

Budi menjelaskan, akan menurunkan hingga 2.000 personel untuk mengamankan musim mudik dan penambahan hari libur nasional yang baru saja ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Nantinya, akan diterapkan sistem shifting atau bergilir selama 24 jam, bagi daerah dengan angka rawan kecelakaan.

Dia juga mengimbau agar pemudik menghindari menggunakan sepeda motor karena di anggap membahayakan keselamatan pengendaranya. Untuk itu, dia meminta pemudik bermotor untuk memanfaatkan program mudik gratis bersama BUMN, karena lebih aman serta dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas pada musim mudik lebaran.

"Motor ini tidak dirancang untuk digunakan oleh pemudik dengan jarak jauh. Mudik gratis oleh kolaborasi antar BUMN, untuk memfasilitasi masyarakat Indonesia yang akan mudik," tandasnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Lebaran 2020, Ini 5 Kabar Terbaru Program Angkutan Motor Gratis yang Harus Diketahui
Kemenhub Kembali Gelar Angkutan Motor Gratis Mudik Lebaran, Catat Tanggalnya
Kemenhub Berangkatkan 2.120 Pemudik Gratis dan Disabilitas di Terminal Pulogebang
Libur Natal dan Tahun Baru, Kemenhub Siapkan 55 Bus Mudik Gratis
1.775 Peserta Mudik Gratis Ditjen Perhubungan Laut Tiba di Jakarta
Anies Mau Program Mudik Gratis Tahun Depan Mencakup Banyak Daerah

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami