Jasamarga Properti Gelontorkan Rp 1,2 Triliun Bangun 31 Rest Area

UANG | 13 Februari 2019 15:05 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT Jasamarga Properti telah menyiapkan 31 tempat istirahat (rest area) di ruas tol yang baru beroperasi, yakni tol Trans Jawa, Kualanamu Tebing, Balikpapan-Samarinda dan Manado-Bitung dengan total investasi mencapai Rp 1,2 triliun.

Direktur Tekniik Jasamarga Properti Tita Paulina Purbasari‎ mengatakan, dari 31 rest area sebagian sudah beroperasi dan sebagian masih dalam proses pembangunan. Selain itu, tidak semua rest area tersebut milik Jasamarga Properti.

‎"Rest area kami di ruas tol Purbaleunyi cipularang KM 88 A dan B. Kemudian Palikanci km 207‎ arah Jateng. Untuk KM 88 A dan B sudah operasi. Ruas Batang-Semarang 360 B-379 A, 389 B sedang konstrusi tapi kita buka untuk pelayanan masyarakat jika ke toilet dan sholat meski kosntruksi bisa dinikmati pengguna jalan, 391 A sudah beroperasi dan digunakan penguna jalan," kata Tita, di Jakarta, Rabu (13/2).

Direktur Keuangan dan Pengembangan Jasamarga Properti Diah Tadir Badrsyah‎ mengungkapkan, biaya investasi pembangunan untuk masing-masing rest area beragam tergantung luas tanah, namun dia memastikan untuk permeternya membutuhkan Rp 4 juta permeter.

Sampai saai ini perusahaan telah menggelontoran dana Rp 1,2 triliun, kemungkinan jumah tersebut akan bertambah sesuai dengan kebutuhan pembangunan. "Nilai investasi beragam tergantung luasan yang kita bangun, biayanya 4 juta per meter. Permodalan ini kan kewajiban penyedia jalan tol," tuturnya.

Menurutnya, pembangunan rest area didesain dengan sebaik mungkin, agar pengguna jalan tol bisa berisitrahat dengan nyaman. "Dalam desain rest area nggak mudah, karena harus dibaut bisa istirahat. Ini jadi tantangan," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
62 UMKM Lokal Bakal Berkembang Karena MRT Jakarta
Moeldoko Minta Pemda Tidak Keluhkan Kerugian LRT Palembang
Dubes Uni Eropa Diajak Keliling Jakarta Pakai MRT
Kubu Prabowo Beberkan Proyek Infrastruktur Jokowi yang Terancam Mangkrak
Jokowi Tak Lagi Gencar Bangun Infrastruktur, Prabowo Fokus Produktivitas SDA

(mdk/azz)