Jelang Akhir Pekan, Rupiah dan IHSG Kompak Ditutup Menguat

Jelang Akhir Pekan, Rupiah dan IHSG Kompak Ditutup Menguat
UANG | 18 September 2020 15:37 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah ditutup menguat 97 poin di level Rp14.735 per USD dari penutupan sebelumnya di level Rp14.832 per USD. Di samping itu IHSG juga ditutup di zona hijau, menguat 0,41 persen ke level 5.059,22. Nilai transaksi tercatat mencapai Rp9,66 triliun. Sementara asing masih keluar dengan net sell Rp1 triliun.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim mengatakan, saat ini kondisi ekonomi Indonesia masih kurang begitu baik terkena dampak pandemi virus corona yang masih mengalami peningkatan. Di sisi lain, pemerintah akan mengkaji kebijakan selama masa pandemi untuk merangsang kembali ekonomi menjadi lebih baik dengan melakukan perubahan-perubahan wewenang baik di Bank Indonesia maupun wewenang di OJK.

"Awalnya pasar merespons negatif terhadap rencana perubahan tersebut, namun setelah melihat draft perombakan Undang-undang Bank Indonesia, pasar kembali positif dan saat ini pasar terus mengamati dan mencermati draf perombakan Undang-Undang Bank Indonesia yang sedang di godok oleh tim Banggar DPR-RI yang terus mewarnai sentimen positif terhadap pasar domestik," ujarnya, Jumat (18/9).

Dalam draf undang-undang tersebut, kata Ibrahim, pasar sedang mengamati tentang perluasan tugas bank sentral untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja melalui sinergi kebijakan moneter dengan pemerintah lewat dewan ekonomi makro yang diketuai Menteri Keuangan.

Menanggapi draft tersebut pasar meyakini wewenang ke depan bank sentral akan lebih luas, apalagi sebelumnya Bank Indonesia sudah berperan dalam pertumbuhan ekonomi sehingga harus dilihat lagi seperti apa perluasan kewenangan yang direncanakan.

"Hanya saja intervensi Bank Indonesia di pasar keuangan yang meningkat selama pandemi masih dinilai positif oleh pasar asalkan tidak berlanjut di masa normal," tandasnya. (mdk/idr)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami