Jelang Harbolnas, Mendag Serukan Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri

UANG | 7 Desember 2019 13:08 Reporter : Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Menteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto mengajak masyarakat untuk lebih mencintai dan membeli produk dalam negeri. Apalagi sebentar lagi ada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang diperingati pada 12 Desember. Di mana, produk dalam negeri dan impor bersaing dan diperjualbelikan di e-commerce.

"Tujuan Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri ini juga untuk menggugah kesadaran dan nasionalisme masyarakat, bangga menggunakan produk dalam negeri," kata Mendag Agus saat membuka acara Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri, di Thamrin City, Jakarta, Sabtu (7/12).

Mendag Agus menjelaskan produk dalam negeri saat ini sudah banyak yang kualitasnya tidak kalah dengan produk luar atau barang impor. Bahkan dari segi kualitas, produk dalam negeri dinilai sudah jauh lebih unggul.

"Kalau kualitas tentu tidak diragukan lagi produk kita ini jauh lebih bagus," jelasnya.

Untuk produk-produk batik, dia sangat optimistis bahwa kualitas batik Indonesia sangat bagus dan mampu bersaing. Selain itu, dengan membeli produk dalam negeri dia menyebutkan masyarakat telah membantu perekonomian Indonesia.

"Beli produk dalam negeri sama saja selamatkan ekonomi bangsa, karena ada ratusan atau ribuan pekerja dalam negeri dalam satu produk yang dibeli," tandasnya.

1 dari 1 halaman

Bukalapak Sambut Harbolnas

Dalam rangka merayakan Hari Belanja Nasional (Harbolnas), Bukalapak yang bertemakan "Kalap 12.12" membagikan berbagai macam hadiah dan diskon hingga mencapai total 50 miliar yang dimulai dari tanggal 115 Desember 2019.

Bukalapak turut mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk kalap berbelanja di kalap 12.12, karena banyak hadiah yang diberikan. Mulai dari diskon langsung, voucher diskon, gratis ongkir, Flash Deal Rp 12, Cashback 99 persen, hingga kesempatan untuk mendapatkan barang-barang seperti Mobil Toko, Ruko, serta Kos-Kosan seharga Rp12.000 saja di program Serbu Seru Kalap.

"Setiap orang pada dasarnya butuh pelampiasan untuk menyalurkan emosi dan keinginan, termasuk di dalamnya keinginan dan napsu belanja. Oleh karena itu, di momen Harbolnas ini, momen yang sudah menjadi tradisi di dunia belanja online dan selalu ditunggu-tunggu, kami memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk melampiaskan napsu belanjanya hingga kalap, karena asik menikmati semua promo dan penawaran spesial di Kalap 12.12", ujar Erick Wicaksono, VP of Marketing Bukalapak di Jakarta, 6 Desember 2019.

"Untuk menambah semangat agar semakin kalap, Kalap 12.12 juga menghadirkan Serbu Seru Kalap mulai tanggal 10 Desember, di mana para pengguna Bukalapak bisa menyerbu Mobil Toko, Ruko, hingga Kos-Kosan yang tidak hanya luar biasa dan berbeda dari tahun sebelumnya, tapi juga bisa mendorong para penyerbu yang berhasil untuk memulai usaha dan meningkatkan kualitas hidup mereka", tambah Erick. (mdk/did)

Baca juga:
Nielsen: Potongan Harga dan Bebas Ongkir Buat Orang Indonesia Rajin Belanja Online
Jokowi Tandatangani Aturan Perdagangan Online, Ini Tanggapan Pelaku Usaha
Lazada Latih Pelaku UMKM Agar Bisa Bersaing di Harbolnas
UC Browser sebut 4.5 Juta Penggunanya Ikut Ramaikan Shopping Festival 11.11
Meriahnya Lazada Super Show Festival Belanja 11.11
Sibuknya Pekerja Ekspedisi di China Saat Pesta Belanja 11.11
Kaspersky Lab sebut Adanya Peningkatan Penipuan saat Harbolnas

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.