Jelang Perpindahan ke Kertajati, AirAsia Beri Kompensasi ke Penumpang

UANG | 26 Juni 2019 11:19 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - AirAsia akan memindahkan penerbangan domestik di Bandung dari Bandara Internasional Husein Sastranegara (BDO) ke Bandara Internasional Kertajati (KJT) di Majalengka, yang berlokasi sekitar 2,5 hingga 3 jam perjalanan dari Bandung. Dengan adanya perpindahan ini, rute Bali-Bandung menjadi Bali-Kertajati.

Communication AirAsia, Dwi Addin Wibowo mengatakan, perpindahan ini dilakukan mulai 30 Juni 2019 menyusul arahan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

"Penerbangan internasional masih tetap beroperasi di Bandara Internasional Husein Sastranegara (BDO)," kata dia, dalam keterangan tertulis, Rabu (26/6).

Dia menjelaskan sehubungan dengan perpindahan ini, jadwal dan nomor penerbangan AirAsia mengalami sejumlah perubahan. Penumpang yang telah memesan tiket rute Bali-Bandung atau sebaliknya untuk jadwal keberangkatan tanggal 30 Juni 2019 dan seterusnya disarankan untuk memeriksa email guna mendapatkan notifikasi jadwal terbaru, dan diharuskan mencetak kembali boarding pass nya.

"Kami memahami bahwa perpindahan ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan terhadap rencana perjalanan penumpang," ujarnya.

AirAsia menawarkan sejumlah pilihan layanan kompensasi yang bisa didapatkan dengan menghubungi maskapai melalui https://support.airasia.com. Ini ditawarkan bagi penumpang yang tidak ingin melanjutkan perjalanan sehubungan dengan perpindahan penerbangan domestik AirAsia dari Bandung ke Kertajati.

Opsi pertama, penumpang dapat mengubah jadwal penerbangan ke jadwal lain dalam rentang waktu 30 hari kalender dari jadwal keberangkatan awal tanpa biaya tambahan dan tergantung ketersediaan kursi dari Bandara Internasional Kertajati atau terbang dari/ke Bandara Husein Sastranegara sebelum tanggal 30 Juni 2019. "Tersedia satu kali kesempatan untuk mengubah jadwal. Hubungi kami dan sampaikan jadwal yang Anda inginkan (tanggal dan jam keberangkatan)," ungkapnya.

Kedua, penumpang pun bisa mendapatkan akun kredit senilai pemesanan untuk pembelian tiket AirAsia berikutnya ke mana saja dengan masa berlaku 90 hari sejak diterbitkan. Jadwal keberangkatan tidak terbatas selama pemesanan dilakukan sebelum habis masa berlaku. "Hubungi kami dengan menyertakan Nomor Anggota AirAsia BIG Anda," ujar dia.

Penumpang juga dapat mengajukan pengembalian uang (refund) senilai pemesanan mereka. "Silakan kunjungi https://support.airasia.com dan pilih 'Berbicara dengan AVA'. Setelah panel AVA termuat, pilih 'Refund' lalu 'New Refund Request', 'Airport Move Refund', dan lengkapi informasi yang dibutuhkan," urainya.

Untuk pemesanan yang dilakukan melalui agen perjalanan (travel agent), pengajuan akun kredit dan pengembalian uang hanya dapat dilakukan melalui agen perjalanan tersebut.

Bagi penumpang yang melakukan pemesanan tiket lewat melalui agen perjalanan (travel agent), pengajuan akun kredit dan pengembalian uang hanya dapat dilakukan melalui agen perjalanan tersebut.

"Untuk informasi terkait lokasi dan pilihan transportasi dari dan menuju bandara, kunjungi situs web Bandara Internasional Kertajati di https://bijb.co.id/akses-bandara/. Sedangkan untuk bantuan dan informasi lebih lanjut, hubungi kami di https://support.airasia.com," tandasnya.

Baca juga:
Gaji Pilot Indonesia Sudah Nyaris Setara dengan Malaysia dan Singapura
Berkaca dari Kasus Vincent, IPI Minta Pilot Bijak Gunakan Medsos
Menko Darmin: Penurunan Harga Tiket Pesawat Tidak di Semua Rute
Bos AirAsia Beberkan Alasan Bandara Kertajati Masih Sepi
Meski Pendapatan Naik, AirAsia Masih Rugi Rp93 Miliar
Menko Darmin Klaim Sudah Ada Maskapai Turunkan Tarif Tiket Pesawat

(mdk/azz)