Jelang Sepekan Ramadan, Harga Pangan Mulai Daging Sampai Telur Terpantau Turun

UANG | 10 Mei 2019 10:13 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Harga daging sapi di pasar tradisional saat ini menjelang sepekan Ramadan terpantau turun. Harga daging rata-rata dijual Rp110.000 per kilogram (Kg) dari Rp120.000 per Kg minggu lalu.

Salah satu pedagang daging sapi di Pasar Pondok Gede, Bekasi, Robi mengatakan penurunan terjadi sejak tiga hari lalu. "Harga daging sudah turun dan sekarang cenderung stabil kayaknya sampai pertengahan puasa," ujarnya kepada Liputan6.com di Bekasi, Jumat (10/5).

Sementara, penjual lain bernama Ade mengatakan harga daging sapi dijualnya di kisaran Rp120.000 per Kg. "Kemarin sebelum puasa tuh Rp110.000, tapi sekarang masih stabil di Rp120.000 per Kg," katanya.

Tidak hanya daging sapi saja, harga harga daging ayam terpantau masih stabil di kisaran Rp55.000 per ekor yang biasanya hanya Rp50.000 per ekor untuk ayam berukuran besar. Sementara, ayam berukuran sedang saat ini dibanderol seharga Rp 32.000 per ekor, sebelumnya Rp30.000 per ekor.

Namun sama seperti daging sapi, penjualan daging ayam juga mengalami penurunan dan tidak seramai saat hari pertama puasa. "Penjualan kembali lesu, tidak seramai pas puasa pertama," ujar Tardi salah satu penjual daging ayam.

Berbeda dengan daging ayam, para penjual telur mengaku jika saat ini harga telur ayam sudah sedikit menurun. "Sekarang sudah kembali Rp24.000 per Kg, sebelumnya kan bisa Rp25.000 per Kg," ungkap Ipin.

Namun para pedagang memprediksikan jika harga telur akan naik mendekati hari Lebaran. Sebab, biasanya terjadi keterbatasan stok.

Sementara, harga bawang merah yang sempat menginjak di angka Rp40.000 per Kg di hari pertama puasa, saat ini terpantau turun berkisar Rp35.000 per Kg.

"Sudah sekitar dua hari ini lah turun," ujar salah satu pedagang sayur mayur, Slamet.

Bukan hanya bawang merah saja yang mengalami penurunan, bawang putih dan cabai merah pun mengalami hal yang sama. Saat ini harga bawang putih sudah berada dikisaran Rp60.000 per Kg, yang sebelumnya mencapai Rp80.000 per Kg.

"Bawang putih sudah turun banget, kemarin pas hari pertama puasa segitu karna barangnya kosong. Sekarang pas barangnya sudah ada lagi, harganya jadi turun," tambahnya.

Penurunan harga juga dialami cabai merah. Saat ini harga cabai terpantau berada di kisaran Rp30.000 per Kg, yang sebelumnya mencapai Rp50.000 per Kg pada awal Ramadan.

"Sudah dua harian ini harga cabai sama bawang-bawangan turun," jelas pedagang sayur mayur lain, Johan.

Harga tomat juga mengalami penurunan sebanyak Rp2.000 per Kg, jelang sepekan Ramadan harga tomat berada dikisaran Rp14.000 per Kg.

Reporter: Ayu Lestari Wahyu Puranidhi

Sumber: Liputan6

Baca juga:
Kemendag Janjikan Harga Bawang Putih Bakal Stabil di Berbagai Daerah
Harga Cabai dan Bawang Putih di Medan Terus Melambung
Pedagang Minta Pemerintah Paksa Importir Keluarkan Stok Bawang Putih
Mentan Amran Klaim Harga Bawang Putih Sudah Turun Jadi Rp30.000 per Kg
Harga Bawang Putih Tembus Rp80.000 per Kilogram
Pemerintah Dinilai Perlu Buat Stok Cadangan Bawang Merah
Pasokan Langka, Harga Timun Suri Melonjak di Jakarta

(mdk/bim)