Jepang hibahkan Rp 323,2 M bangun pelabuhan dan pasar ikan di 6 pulau terluar

Jepang hibahkan Rp 323,2 M bangun pelabuhan dan pasar ikan di 6 pulau terluar
nelayan. nelayan
EKONOMI | 31 Juli 2018 16:18 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemerintah Indonesia dan Badan Kerjasama International Jepang (JICA) menandatangani naskah perjanjian hibah senilai 2,5 miliar Yen atau Rp 323,2 miliar (Rp 129 per Yen) untuk Program Pengembangan Sektor Perikanan untuk Pulau-Pulau Terluar di Indonesia. Program ini akan memberikan dukungan fiskal terhadap rencana pembangunan pelabuhan perikanan dan pasar ikan di 6 pulau terluar Indonesia.

Sekretaris Jenderal KKP Nilanto Perbowo berharap, kerjasama dengan Pemerintah Jepang dapat membawa kebaikan di sektor keluatan Indonesia. "Hubungan kerjasama dengan Pemerintah Jepang dan Indonesia, mudah-mudahan dengan kebijakan ini dapat memberikan manfaat bagi Indonesia kedepannya, khususnya bagi industri keluatan Indonesia," tuturnya di Gedung Kementerian KKP, Selasa (31/7/).

Nilanto menambahkan, melalui program ini, diharapkan para nelayan kecil dapat menggunakan pelabuhan perikanan yang dilengkapi dengan fasilitas penyimpanan dengan pendingin dan pembuatan es, sehingga dapat meningkatkan kegiatan penangkapan ikan dan standar hidup masyarakat nelayan.

Adapun rincian dan program ini adalah sebagai berikut:

Nama program: Program for the Development of Fisheries Sector in Outer Islands

Periode implementasi: 38 bulan

Target area: Fasilitas Pelabuhan Perikanan dan Pasar Ikan di daerah Sabang (Provinsi Aceh), Natuna (Provinsi Riau), Morotai (Provinsi Maluku Utara), Saumlaki (Provinsi Maluku), Moa (Provinsi Maluku), dan Biak (Provinsi Papu)

Rincian program (tentatif): Dukungan finansial untuk pembangunan dan rehabilitasi fasilitas perlabuhan perikanan, pasar ikan, serta pedoman desain fasilitas dan pedoman operasional pusat pasar ikan.

Reporter: Bawono Yadika

Sumber: Liputan6 (mdk/bim)

Baca juga:
Abrasi pantai akibat gelombang pasang
Menhub Budi sebut 10 perusahaan tertarik kelola Pelabuhan Patimban
Menhub Budi: Pembebasan lahan Pelabuhan Patimban mendekati 60 persen
Pelindo II hingga Astra minat jadi operator Pelabuhan Patimban
Kontrak ditandatangani, Pelabuhan Patimban digroundbreaking awal Agustus
Menhub Budi beri izin Babel bangun pelabuhan lepas pantai
Buntut kebakaran kapal di Benoa, Menteri Susi akan tata pelabuhan perikanan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami