Jika Vaksin Corona Ditemukan 2021, Ekonomi Indonesia Bisa Pulih Total di 2023

Jika Vaksin Corona Ditemukan 2021, Ekonomi Indonesia Bisa Pulih Total di 2023
UANG | 9 Juni 2020 16:16 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemerintah mencanangkan berbagai program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), dan bahkan beberapa daerah termasuk DKI Jakarta telah melonggarkan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk kembali memutar roda perekonomian yang sempat lumpuh imbas pandemi Covid-19.

Tim Asistensi Menko Perekonomian, Raden Pardede memperkirakan bahwa perekonomian Indonesia akan benar-benar pulih setidaknya pada 2023 mendatang. Ini dengan perkiraan ditemukannya vaksin Covid-19 pada tahun 2021.

"Perkiraan pola pemulihan ekonomi di bulan Maret drop, bulan April juga masih turun, di bulan Mei mulai off dan di bulan Juni mulai exit," paparnya dalam Ngopi Teko Perspektif Pemulihan Ekonomi dan Kenormalan Baru, Selasa (9/6).

"Ini akan terus berlangsung pemulihan ini sampai dengan vaksin ditemukan tahun depan. mudah-mudahan tahun depan kita sudah mendapatkan vaksin dan tersebar ke seluruh masyarakat," sambung dia.

1 dari 1 halaman

Mulai Pulih

rev1

Raden menambahkan, jika vaksin sudah ditemukan tahun depan, maka perekonomian Indonesia akan membaik, namun belum pulih seperti sedia kala sebelum pandemi.

"Jadi harapan kita, tahun depan ketika vaksin ditemukan ini akan pulih sebagian tapi belum kembali pada posisi (sebelum covid-19),"

"Mungkin butuh waktu setengah tahun sampai 1 tahun lagi, 2022 atau 2023 baru kembali kepada (keadaan) pre covid-19," pungkas Raden.

Reporter: Pipit Ika

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
Penghasilan Turun, Masyarakat Tak Akan Langsung ke Mal di 15 Juni
Survei: Aktivitas Belanja Online Melonjak Jadi 28,9 Persen Saat Ada Corona
Pembukaan 9 Sektor Bisnis di New Normal Selamatkan Ekonomi dan Tenaga Kerja
Perizinan Jadi Masalah Utama dalam Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Anggota DPR: New Normal Bisa Tahan Ekonomi dari Kemerosotan Lebih Dalam

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami