Jok Esemka Bakal Dipasok Industri Otomotif Dalam Negeri

UANG | 11 September 2019 19:21 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Ketua Umum Perkumpulan Industri Kecil dan Menengah Komponen Otomotif (PIKKO), Rosaline Faried telah menandatangani surat perjanjian kesepakatan dengan PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) terkait pengadaan jok mobil. Dengan demikian, Esemka menggunakan jok buatan dalam negeri.

"Sudah LOI (Letter of Intent) dengan Esemka," ujar Rosalina saat ditemui di Gedung BNI Pusat, Jakarta, Rabu (11/9).

Rosalina mengatakan, sebelum menjalin kerja sama dengan Esemka, pihaknya terlebih dahulu menunjukkan jenis-jenis produk komponen mobil kepada Presiden Joko Widodo. Selain itu, pihaknya juga sudah intens melakukan diskusi dengan Esemka.

"Awal 2019 sudah ke pabrik kami, sudah lakukan feasibility study ke anggota kami. Sudah buat berbahan lokal dengan sabut kepala jok nya, sudah dilihatkan ke Presiden," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Imatap Kementerian Perindustrian Putu Ardika Juli mengatakan, tidak ada perlakuan khusus bagi Esemka dalam menciptakan produk dalam negeri. Namun, pemerintah berperan mempertemukan Esemka dengan produsen komponen mobil.

"Kita sebagai pemerintah siapapun yang investasi dibidang otomotif itu kita fasilitasi dengan hal yang sama. Kita memfasilitasi pertemuan dengan industri yang bisa mendukungnya. Industri komponen jadi, vendor yang mungkin bisa meningkatkan TKDN nya," jelas Putu.

Baca juga:
Teken LoI, PT Rekadaya Siap Pasok Komponen Lokal ke Mobil Esemka
Tiada Fasilitas Rancang-Bangun, Gaikindo: Mobil Esemka Lakukan Rebadging
Menteri Airlangga: Komponen Lokal Esemka 62 Persen, Toyota Kijang Sudah 90 Persen
Penjelasan Airlangga Soal Desain Mobil Esemka Disebut Mirip Mobil China
Diisukan dari China, Ini Deretan Perusahaan Pemasok Komponen Mobil Esemka
Desain Mobil Esemka Dinilai Mirip Mobil China, Ini Respons Luhut

(mdk/idr)

TOPIK TERKAIT