Jokowi Akan Relokasi Rumah Korban Banjir Bandang Sentani

UANG | 1 April 2019 16:29 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambangi salah satu posko pengungsian korban banjir bandang Sentani di GOR Toware, Kabupaten Jayapura. Kunjungan ini jadi bagian kunjungan Presiden Jokowi ke Papua.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi menyempatkan diri berdialog dengan beberapa orang. Jokowi mengatakan, para pengungsi ingin segera mendapat kepastian tempat tinggal lantaran rumahnya sudah habis tersapu banjir.

"Kita mau bangun, tapi kalau di tempat yang lama tidak memungkinkan karena akan terjadi bencana lagi terulang lagi nanti. Sehingga harus direlokasi di tempat yang dipastikan aman dari bencana," ujarnya di GOR Toware, Papua, Senin (1/4).

Proses pembangunan rumah akan dilakukan cepat. Namun sebelumnya, dia memerintahkan pemerintah daerah setempat untuk menentukan dimana lokasi pembuatan rumah akan berjalan.

"Tanahnya saja belum ketemu. Kalau tanahnya sudah ketemu, dibebaskan oleh gubernur oleh bupati, baru masuk ke pembangunan rumahnya," tegas dia.

"(Estimasi waktu?) Tanya ke gubernur tanahnya kapan, baru ke kita kapan bangunannya. Begitu ada tanah kita bangun," dia menambahkan.

Saat ditanya hal serupa, Gubernur Papua Lukas Enembe mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Papua telah mengirimkan tim untuk mencari lokasi pembangunan rumah pengganti dan berupaya membebaskan lahan. "Setelah mereka cari dan mereka sudah dapat, pasti kita akan bebaskan. "Kita harap (lokasi pembangunan rumah) harus sepanjang Jayapura-Wamena (Trans Papua)," tutur dia.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Jokowi Janji Segera Perbaiki Sekolah Terdampak Banjir Sentani
Jokowi akan Relokasi Korban Banjir Bandang Sentani, Minta Gubernur Papua Cari Lahan
Kunjungan Kerja sambil Kampanye, Jokowi akan Tinjau Pengungsi Banjir Sentani
Di Papua, Presiden Jokowi Dijadwalkan Temui Pengungsi Banjir & Kader
Penyebab dan Solusi Menteri Basuki Pada Banjir Sentani di Papua
BNPB: 17 Masih Hilang, 35 Jenazah Korban Banjir Sentani Belum Teridentifikasi

(mdk/idr)