Jokowi: Infrastruktur Syarat Indonesia Berkompetisi Dengan Negara Lain

UANG | 12 Januari 2019 18:32 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) menyebutkan, infrastruktur bukanlah satu-satunya hal yang dia kerjakan. Namun, dia mengakui bahwa pembangunan infrastruktur adalah suatu fondasi yang penting untuk bagi suatu negara untuk berkompetisi dengan negara lain.

"Jadi kenapa ini dibangun, ini merupakan syarat dan fondasi bagi kita apabila kita ingin berkompetisi dengan negara-negara lain. Tanpa basic ini, saya yakin sulit kita bersaing dengan negara-negara lain. Setelah pembangunan infrastruktur besar-besaran, kita akan masuk ke pembangunan sumber daya manusia besar-besaran," jelas Jokowi di Plaza Tenggara, Kompleks GBK, Jakarta, Sabtu (12/1).

Dia menjelaskan, banyaknya pembangunan yang dilakukan, mulai dari jalan tol sampai bandara, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Indonesia dalam bersaing secara global. Selain itu, pembangunan jalan-jalan kecil di desa yang tidak terlihat banyak orang harus dikerjakan, untuk mempermudah pergerakan masyarakat yang tinggal di pedesaan.

"Ada 6900 pasar di desa yang terbangun dari dana desa ini dan pembangunan-pembangunan yang lain yang ada di desa yang saya tidak ingat satu persatu," ujar Jokowi.

Jokowi menegaskan, dengan adanya pembangunan infrastruktur yang memadai, masyarakat juga harus menjaga optimismenya untuk membangun Indonesia.

"Kita harus optimis. Jangan sampai ada pesimisme di antara kita. Jangan sampai ada yang bilang Indonesia akan bubar, Indonesia akan punah, tidak ada. Tidak ada. Saya katakan tidak ada. Kita harus optimis," tegasnya.

Reporter: Ratu Annisaa Suryasumirat

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Wapres JK Minta Konsultan Indonesia Harus Independen
Prabowo-Sandiaga Janji Bangun Infrastruktur Pedesaan Tanpa Utang
Ratusan Warga Depok Datangi BPN Tuntut Uang Pembebasan Lahan Proyek Tol
Sudirman Said: Pembangunan Ekonomi Era Jokowi Terkesan Buru-buru Demi Pemilu
Meninjau Progres Pembangunan Alun-alun Kota Depok Tahap Pertama

(mdk/azz)