Jokowi: Kita Belum Melakukan Impor Beras Sama Sekali di 2021

Jokowi: Kita Belum Melakukan Impor Beras Sama Sekali di 2021
Presiden Jokowi. ©Liputan6.com/Hanz Salim
EKONOMI | 30 November 2021 15:06 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim pada 2021 hingga saat ini Indonesia belum melakukan impor beras. Hal tersebut lantaran dibangunnya bendungan yang dapat membantu ketahanan pangan di tanah air.

"Kita tahu tahun ini 2021 sampai hari ini kita belum melakukan impor beras sama sekali, dan kenyataannya stok kita masih pada posisi sangat baik," kata Jokowi usai mengolah tanah dan menanam di Trenggalek, Jawa Timur dalam saluran Youtube Sekretariat Presiden, Senin (30/11).

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mengatakan dengan adanya bendungan yang dibangun di beberapa daerah membuat produktivitas para petani semakin meningkat. Sehingga produksi padi mulai merangkak naik.

"Ini mulai kelihatan hasil dari produktivitas kenaikan di petani sehingga memunculkan total produksi di seluruh tanah air ini menjadi merangkak naik," pungkasnya.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan pada 2021 terdapat 17 bendungan yang telah dan akan diselesaikan di Indonesia. Dengan adanya bendungan tersebut diharapkan produktivitas para petani bisa meningkat.

"Tahun ini telah dan akan diselesaikan 17 bendungan tahun 2021," kata Jokowi saat meresmikan Bendungan Bendo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Selasa (7/9).

Untuk bendungan yang sudah rampung dan diresmikan pada Februari 2021 terdapat tiga bendungan yaitu Bendungan Tukul, Pacitan, Jawa Timur, Bendungan Tapin, Kalimatan Selatan, Bendungan Napun Gete, Nusa Tenggara Timur(NTT).

Lalu pada Maret 2021, Bendungan Sindang Heula, Serang, Banten pun sudah rampung dan diresmikan Jokowi. Selanjutnya pada Agustus 2021, Bendungan Kuningan, Jawa Barat dan pada September 2021 Bendungan Way Sekampung, Lampung dan Bendungan Bendo, Jawa Timur juga sudah rampung dan diresmikan.

Tidak hanya itu, Jokowi pun mengharapkan Bendungan Paselloreng dan Gilireng di Kabupaten Wajo bisa diresmikan pada minggu ini. Tidak hanya itu, Mantan Wali Kota Solo tersebut juga berharap Bendungan Karalloe,Sulawesi Selatan, Bendungan Ladongi,Sulawesi Tenggara, Bendungan Bintang Bano di NTB, akan rampung pada Oktober.

Lalu dia juga berharap Bendungan Ciawi, Bendungan Sukamahi di Jawa Barat akan selesai pada November mendatangan. Kemudian dia juga berharap Bendungan Tugu, Bendungan Gongseng, Bendungan Pidekso, serta Bendungan Marga Tiga akan selesai pada Desember.

"Sekali lagi di 2021 telah dan akan diselesaikan 17 bendungan, artinya produktivitas di bidang pertanian akan ketambahan pasokan air dan kita harapkan akan meningkatkan produktivitas petani-petani kita," ungkapnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Ombudsman Temukan 12 Maladministrasi dalam Pengelolaan Cadangan Beras Pemerintah
Gubernur Bali Kritik Impor Pangan: Di Mana Muka Kita sebagai Bangsa
Perum Bulog Blak-blakan Rugi Rp4 T Akibat Penugasan dari Pemerintah
Budi Waseso Disentil Soal Impor Beras: Bukan dari Bulog
Budi Waseso: Bulog akan Produksi Beras Premium di 2022 dan Setop Impor
Mendag: Pasokan Cukup, Tak Ada Impor Beras dalam 12 Bulan ke Depan

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami