Jokowi Minta Kementerian Lakukan Korporatisasi Pelaku Usaha Kecil

Jokowi Minta Kementerian Lakukan Korporatisasi Pelaku Usaha Kecil
UANG | 19 November 2020 19:30 Reporter : Aksara Bebey

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta seluruh kementerian untuk melakukan korporatisasi para pelaku usaha kecil. Tujuannya agar bisa memaksimalkan potensi pasar pada tahun 2025.

"Pak Presiden meminta seluruh Kementerian untuk melakukan korporatisasi usaha kecil korporatisasi petani nelayan peternak pengrajin dan lain sebagainya, melalui satu kelembagaan yang namanya koperasi," ucap Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki di Bandung, Kamis (19/11).

Konsep korporatisasi yang dimaksud adalah tidak boleh lagi ada usaha kecil perorangan yang tidak berskala ekonomi. Para pelaku usaha harus menjadi usaha kolektif dalam skala bisnis, terlibat dalam seluruh tahapan proses dari mulai produksi sampai ke hilir.

Ini pun termasuk dalam pemanfaatan ekosistem ekonomi digital. Pasalnya, potensi nilai pasar digital di Indonesia pada tahun 2025 sebesar Rp1.700 triliun. Angka itu merupakan terbesar dalam skala Asia Tenggara.

"Nilai pasar digital 2025 itu kalau tidak salah nilainya Rp1.700 triliun itu terbesar di Asia tenggara. kalau kita tidak segera memanfaatkan pasar digital kita ini kan diserbu juga oleh market oleh produk-produk luar," Teten melanjutkan.

Baca Selanjutnya: Pentingnya Digitalisasi...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami