Jokowi Minta Menteri Jaga Ketersediaan Barang Pokok dan Stok BBM

UANG | 3 Mei 2019 12:14 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta para menterinya untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas harga bahan-bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat selama bulan puasa Ramadan dan menjelang lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat memimpin ratas dengan topik 'Persiapan Menghadapi Idul Fitri 1440H' di Kantor Presiden Jakarta, Jumat (3/5/3019).

"Yang berkaitan dengan ketersediaan dan stabilitas harga bahan bahan pokok yang dibutuhkan rakyat. Betul-betul harus terus kita jaga," ujar Jokowi.

Kendati ratas tersebut rutin dilakukan setiap tahunnya, Jokowi tetap mengingatkan jajarannya untuk melakukan persiapan dengan detail. Terutama yang berkaitan dengan manajemen lapangan.

"Manajemen lapangan harus lebih terpadu, lebih terkoordinasi dari pusat maupun di daerah," ucap dia.

Selain itu, Jokowi juga meminta kesiapan infrastruktur dan moda transportasi untuk mudik lebaran. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut ketersediaan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) pun perlu disiapkan di sepanjang jalur mudik.

Dia menuturkan, saat ini jalan Tol Trans Jawa telah tersambung dari Merak hingga Probolinggo. Menurutnya, keberadaan tol tersebut sangat membantu masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman saat perayaan Idul Fitri.

"Juga di Sumatera, Tol Trans Sumatera juga beberapa ruas dari Bakauheni mungkin sampai Palembang juga sudah tersambung sehingga ini juga akan memperlancar arus mudik antar wilayah di Sumatera," jelas Jokowi.

Reporter: Lizsa Egeham

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Moeldoko: Soal Reshuffle, Presiden Bilang Bisa Iya Bisa Tidak
Pertemuan Jokowi-AHY Cuma Penegasan Posisi, Demokrat Tetap Bersama Prabowo
Hasil Pleno KPU Gunungkidul: Jokowi-Ma'ruf 76,54%, Prabowo-Sandiaga 23,46%
Laporan Dana Kampanye Jokowi-Ma'ruf: Masuk Rp 606 M, Keluar Rp 601 M
AHY Temui Jokowi di Istana
Jokowi: Terima Kasih Mas AHY
Ditanya Peluang Gabung Koalisi Jokowi, AHY Langsung Pamit 'Makasih Ya'

(mdk/lia)