Jokowi Panggil Pengusaha Bahas Upaya Naikkan Nilai dan Kuantitas Ekspor Tekstil

UANG | 21 November 2019 10:30 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang Pengurus dan Anggota Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) serta Asosiasi Produsen Serat Sintesis dan Benang Filamen Indonesia (APSyFI). Pertemuan dimulai pukul 09.30 WIB di Istana Merdeka, Jakarta.

"Ini tindaklanjut dari pertemuan kita di bulan September yang lalu dan kita harapkan dengan kabinet baru bisa kita sambungkan lagi apa yang kita bicarakan," kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (21/11).

Presiden Jokowi menjelaskan, pertemuan ini membahas upaya menaikkan nilai maupun kuantitas barang yang diekspor ke pasar dunia. Selain itu, turut dibahas rencana penanaman modal di kawasan apparel park.

"Mengenai investasi yang dulu dibicarakan karena kita sudah mulai siapkan sebuah kawasan atau yang dulu ingin dibangun adalah apparel park, sebuah kawasan untuk dari mulai bahan baku sampai nanti industri semuanya berada di satu tempat," jelas Presiden Jokowi.

1 dari 1 halaman

Turut Dibahas Kawasan Berikat

Pengusaha dan Kepala Negara turut menyoroti pusat logistik berikat. "Nanti Bu Menkeu berkaitan pusat logistik berikat di mana ternyata di situ banyak masuk barang-barang yang diproduksi oleh industri tekstil kita yang menjadi pesaing berat pada saat dijual di pasar," ujarnya.

Dalam pertemuan ini, Presiden Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Kemudian Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Juru Bicara Kepresidenan Fadjroel Rachman.

Sementara pengurus dan anggota API yang hadir adalah Ketua Umum API Ade Sudradjat, Dirut PT Sritex Iwan Lukminto, Wadir PT Pan Brothers Anne Patricia Sutanto, Dirut PT Rayon Utama Mandiri Purnomo, Dirut PT Mulia Knitting Hanan Supangkat, Dirut PT Jaya Perkasa Garment Bintoro Dibyoseputro dan Dirut PT Adikencana Mahkotabuana.

Adapun pengurus dan anggota APSyFI yang datang yakni Ketua Umum APSyFI Ravi Shankar, Sekretaris Jenderal Redma Gita Wirawasta, Presdir PT Pilyfin Canggih Sinatra Arto Ardi, Presdir Indorama Grup S.P Lohia dan Direktur PT Asia Pasific Rayon Basrie Kamba.

(mdk/bim)

Baca juga:
Aturan Baru, Sri Mulyani Kenakan Tarif Impor Tekstil Hingga 67 Persen
Cegah Perlambatan Pertumbuhan Industri RI, Pemerintah Andalkan Sektor Tekstil
Sebutan Sunset Bikin Industri Tekstil Nasional Melempem
Harapan Pengusaha Soal Perlindungan Produk Tekstil
Aturan Perlindungan Produk Tekstil Lokal Tunggu Persetujuan Sri Mulyani
Sejak 2018, Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Pakaian Bekas Impor Senilai Rp91 Miliar
Aturan Impor Tekstil Bakal Direvisi, Ini Perubahannya