Jokowi Puji Kualitas Kerajinan Indonesia Terus Meningkat

Jokowi Puji Kualitas Kerajinan Indonesia Terus Meningkat
Presiden jokowi. ©2017 Biro Pers Setpres
EKONOMI | 24 April 2019 12:02 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka event tahunan pengrajin handicraft, The 21st Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2019. Dalam sambutannya, dia memuji kualitas produk kerajinan Indonesia yang terus meningkat.

"Setiap saya datang ke inacraft saya melihat bahwa kerja pemeran ini naik kelas dari tahun ke tahun," ucap Jokowi di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (24/4).

Mantan Wali Kota Solo ini berharap, pengrajin handicraft tak cepat puas. Kualitas produk kerajinan tangan harus terus ditingkatkan agar bisa bersaing ketat dengan kerajinan tangan negara lain di pasar internasional.

"Memang itu yang kita inginkan agar produk-produk kerajinan Indonesia terus naik kelas, naik kapasitas produksinya, naik kualitasnya baik daya saingnya dan naik pamornya utamanya untuk kualitas eskpornya," ujar dia.

Jokowi mengatakan, dari laporan yang diterimanya kinerja ekspor Indonesia saat ini tercatat 1,26 persen dari total pangsa pasar kerajinan dunia atau baru mencapai USD 1,2 miliar. Angka tersebut dianggap masih sangat kecil sehingga perlu ditingkatkan lagi.

Jokowi melanjutkan kerajinan memberikan konstribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Terbukti sudah ada 700 UKM kerajinan yang tumbuh di Tanah Air.

"Bayangkan kalau pangsa pasar naik artinya akan lebih banyak UKM kita yang berkembang dan lebih banyak lagi tenaga kerja yang bisa direkrut dari kegiatan kerajinan kita ini," tandasnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Bekraf Sebut Industri Kreatif Akan Ciptakan 18 Juta Lapangan Kerja
Cek Fakta: Jokowi Sebut Perputaran Uang di Industri Game Capai Rp 11 Triliun
4 Tahun, Bekraf Fasilitasi 4.000 Pelaku Ekonomi Kreatif Kantongi HAKI
Gandeng Pelaku Industri Kreatif, BRI Luncurkan Brizzi Edisi Khusus
Bos Bekraf Target Ekonomi Kreatif Sumbang Rp 1.200 Triliun ke Negara
Kepala Bekraf Ingin Sertifikat Hak Kekayaan Intelektual Jadi Jaminan Pembiayaan

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami