Jokowi Resmikan Rehabilitasi MTsN 3 Pekanbaru

Jokowi Resmikan Rehabilitasi MTsN 3 Pekanbaru
UANG | 21 Februari 2020 11:07 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan rehabilitasi Madrasah Tsanawiyah (MTsN) 3 Pekanbaru, Riau. Peresmian ini dilakukan didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur Riau dan jajaran pemerintah lainnya.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan rehabilitasi dan renovasi total MTsN 3 Pekanbaru, Riau," ujar Jokowi di Riau, Jumat (21/2).

Setelah meresmikan rehabilitasi dan renovasi sekolah, Presiden melakukan peninjauan di sekitar sekolah dan menyapa murid MTsN 3 Pekanbaru.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah meninjau progress rehabilitasi MTsN 3 Pekanbaru. Renovasi ini diperkirakan menghabiskan Rp14 miliar hanya untuk MTsN 3 Pekanbaru saja, yang termasuk dalam paket renovasi bersama dengan MtsN 1 Dumai senilai Rp4,3 miliar.

"Jadi biayanya itu Rp17,3 miliar, satu paket dengan MTsN di Dumai Rp4,3 miliar, ini (MTsN 3 Pekanbaru) Rp14 miliar," ujar Basuki kepada wartawan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Presiden Jokowi akan melakukan sejumlah agenda di Riau. Di antaranya memantau pembangunan jalan tol pertama di Riau yang menghubungkan Kota Pekanbaru ke kota pelabuhan Dumai serta membagikan Surat Keputusan Perhutanan Sosial di Taman Hutan Rakyat di Kabupaten Siak.

1 dari 1 halaman

Tol Pekanbaru-Dumai Ditargetkan Beroperasi Sebelum Lebaran

dumai ditargetkan beroperasi sebelum lebaran rev1

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan, ruas tol Pekanbaru-Dumai ditargetkan dapat beroperasi sebelum Lebaran 2020, tepatnya pada bulan April. Tak cuma diklaim bakal mendongkrak ekonomi daerah sekitar, keberadaan tol ini juga diklaim mendukung ekosistem lingkungan hidup berkelanjutan, salah satunya dengan adanya lintasan bagi gajah.

Menteri Basuki turut melakukan peninjauan di underpass perlintasan gajah ini. Progressnya belum sampai setengahnya, namun pembangunan underpass ini terus dikebut.

"Nanti gajahnya lewat sini, di sekitar sini kan marga satwa habitat gajah. Nanti kami akan tanam tanaman yang menarik perhatian gajah supaya mereka makan dan lewat sini," ujar salah satu karyawan Hutama Karya (pengembang tol Trans Sumatera) kepada Menteri Basuki, sebagaimana ditulis Jumat (21/2).

Adapun, underpass perlintasan gajah di ruas ini terbagi menjadi 6 perlintasan. Pertama berada di Sungai Tekuana lokasinya di seksi 2 dan tidak jauh dari Pusat Latihan Gajah Minas di Kabupaten Siak di mana di kawasan itu terdapat sedikitnya 13 gajah sumatera liar.

Sedangkan 5 perlintasan lainnya berada di Seksi 4, dekat dengan Suaka Margasatwa Balai Raja. Diperkirakan underpass tol Trans Sumatera dapat dilintasi hingga seratus ekor gajah.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Tol yang Dilengkapi Terowongan untuk Gajah Target Beroperasi April 2020
Melihat Progres Pembangunan Bundaran di Simpang Sentul
Revitalisasi Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta Capai 20 Persen
Potret Murid PAUD Belajar di Bangunan Nonpermanen
Potret Miris Kehidupan Warga Galugua, Terisolir Hingga Ibu-ibu Melahirkan di Jalan
Survei: Masyarakat Paling Puas Kinerja Infrastruktur di 100 Hari Jokowi-Ma'ruf

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami