Jokowi Sebut Microsoft, Amazon dan Alibaba Tertarik Bangun Pusat Data di Indonesia

Jokowi Sebut Microsoft, Amazon dan Alibaba Tertarik Bangun Pusat Data di Indonesia
Jokowi. ©2019 Merdeka.com/ instagram Jokowi
UANG | 28 Februari 2020 15:36 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar rapat terbatas membahas pengembangan pusat data nasional di kantor Presiden, Jakarta. Jokowi mengatakan, Indonesia sangat penting mengembangkan data nasional karena banyak manfaatnya.

"Pentingnya urgensi pengembangan data center bagi Indonesia. kita tahu saat ini banyak startup-startup kita yang dalam beberapa tahun terakhir tumbuh sangat pesat masih menggunakan data center di luar negeri," kata Jokowi dalam rapat, Jumat (28/2).

"Padahal kalau data center itu ada di Indonesia akan banyak manfaatnya, lebih cepat, lebih aman dan membantu untuk troubleshooting dalam pengembangan sistem yang bisa dilakukan dengan lebih cepat," sambungnya.

Jokowi melihat, banyak pemain-pemain global seperti Microsoft, Amazon, Alibaba dan Google tertarik masuk dan bahkan sudah memulai mengembangkan data centernya di Indonesia. Mereka melihat, negara Indonesia memiliki daya tarik dan memiliki potensi besar.

"Dan kita memiliki ekosistem startup yang paling aktif di Asia Tenggara dengan market digital yang terbesar," ucapnya.

Oleh karena itu, Jokowi selalu menekankan agar Indonesia jangan hanya menjadi penonton dan segera menyiapkan regulasi aturan mainnya. Termasuk mengatur soal investasi data center yang ingin masuk ke Indonesia.

Jokowi menambahkan, pemerintah harus memastikan investasi data center di Indonesia memberikan nilai tambah baik dalam pelatihan digital talent, pengembangan pusat riset, kerja sama dengan pemain nasional maupun berbagi pengetahuan dan teknologi.

"Kita juga ingin mulai mendorong munculnya pemain-pemain nasional dalam pengembangan data center mulai dari BUMN, telekomunikasi sampai swasta yang mulai bergerak di bisnis data center," kata Jokowi.

Baca Selanjutnya: Satu Pusat Data Nasional...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami