Jokowi Sebut Penjualan Online Selama Pandemi Meningkat Hingga 15 Persen

Jokowi Sebut Penjualan Online Selama Pandemi Meningkat Hingga 15 Persen
Presiden Jokowi. ©2018 Merdeka.com/Titin
UANG | 25 Februari 2021 18:11 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 Indonesia harus mencari peluang, salah satunya yaitu menyiapkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa naik kelas.

"Transformasi digital ada pintu, pintu masuk agar UMKM bisa masuk dalam marketplace digital dan bisa menjadi bagian dari supply chain nasional maupun global," kata Jokowi saat dalam acara Devcon dalam akun youtube Tech in Asia ID, Kamis (25/2).

Dia menjelaskan saat ini terjadi peningkatan pada transaksi penjualan online yang mencapai 10-15 persen. Hal tersebut seiring dengan Indonesia yang memiliki potensi besar pada pasar digital.

"Data yang saya miliki menunjukkan terjadinya peningkatan transaksi penjualan online 10 sampai 15 persen," ungkapnya.

Dia menjelaskan dari data tersebut juga diperkuat dengan adanya kampanye nasional untuk membeli produk UMKM yang terwadahi dalam e-commerce. Terlebih kata Jokowi saat ini Indonesia sudah memiliki 8 juta dari 60 juta unit UMKM yang sudah terhubung dengan wadah digital.

"Kita harus terus mendorong setidaknya jumlah itu selalu bertambah lagi bisa menjadi 10 juta bisa 15 juta dan naik lagi 20 juta dan seterusnya," katanya.

Baca Selanjutnya: Pelatihan Teknologi Digital Pada Program...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami