Jokowi Soal IHSG Turun: Pasar Keuangan Dunia Alami Goncangan

Jokowi Soal IHSG Turun: Pasar Keuangan Dunia Alami Goncangan
UANG | 13 Maret 2020 17:21 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim, bukan hanya pasar keuangan Indonesia yang mengalami goncangan, namun negara-negara lain yang terpapar virus corona juga turut mengalami lock down.

"Sekarang ini pasar keuangan di seluruh dunia mengalami kegoncangan, kepanikan," kata Jokowi di Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang-Banten, Jumat (13/3).

Dia menjelaskan, pemerintah tidak bisa melawan kepanikan tersebut. Tetapi pemerintah dan otoritas keuangan akan selalu memantau serta membuat kebijakan yang cepat.

"OJK sudah memberikan relaksasi dan kelonggaran, policynya cepat, BI juga berikan relaksasi dan kelonggaran, pemerintah memberikan relaksasi dan kelonggaran pajak dan memberikan insentif-insentif," imbuhnya.

Sebelumnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada akhir sesi I perdagangan, turun 245,77 poin atau 5,02 persen ke 4.649,96. Penurunan itu membuat trading halt atau pemberhentian sementara perdagangan.

Dari 428 saham yang diperdagangkan, 33 di antaranya menguat, 333 melemah dan 62 stagnan. Frekuensi perdagangan tercatat 114.475 kali dengan nilai transaksi Rp2,29 triliun dan 2,95 miliar lembar saham diperjualbelikan.

Baca Selanjutnya: Belanja Saham...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami