Jokowi Tinjau Tol Pekanbaru-Dumai: Sekarang Waktu Tempuh Hanya 2 Jam

Jokowi Tinjau Tol Pekanbaru-Dumai: Sekarang Waktu Tempuh Hanya 2 Jam
UANG | 21 Februari 2020 13:12 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan di ruas Tol Pekanbaru-Dumai seksi 1. Secara keseluruhan diharapkan pembangunan tol Pekanbaru-Dumai selesai akhir April 2020.

"Insya Allah, akhir April selesai sehingga Lebaran bisa lewat sini. Kalau dulu 4-5 jam, sekarang jadi 1,5-2 jam," ujarnya, Jumat (21/2).

Dia menjelaskan, jika seluruh Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) rampung, maka tingkat daya saing Indonesia akan semakin baik karena pergerakan manusia dan barang jadi jauh lebih cepat.

Lebih lanjut, dari total panjang ruas tol Trans Sumatera yang sebesar 2.900 km, ada 460 km ruas yang sudah dioperasikan. "Lalu, yang dalam proses ini 490 km, dan yang mau dilelang ini ada 740 km. Kami harap 2024 bisa selesai," paparnya.

Mengutip data Hutama Karya (HK), ruas tol ini memiliki panjang 131 km dengan nilai investasi Rp16,2 triliun serta mulai dibangun 2017 lalu. Uniknya, tol yang memiliki 6 seksi ini bisa dilalui oleh gajah yang hidup di hutan sekitar tol.

Terowongan khusus gajah tersebut terletak di seksi 4 dan 5 serta bisa dilintasi hingga 100 ekor gajah. Nantinya setelah diresmikan, jalan tol Pekanbaru-Dumai diharapkan bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah Pekanbaru, Dumai dan pulau Sumatera secara keseluruhan.

Peninjauan tersebut dilakukan bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Presiden Moeldoko dan jajaran pemerintahan lainnya.

Baca Selanjutnya: Hubungkan Berbagai Kawasan Produktif...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami