Jokowi Yakin 2045 Indonesia Jadi Negara Berpenghasilan Tinggi

Jokowi Yakin 2045 Indonesia Jadi Negara Berpenghasilan Tinggi
UANG | 4 Juli 2020 11:33 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo yakin Indonesia berpotensi melaju untuk maju menuju ke kategori berpenghasilan tinggi dari status saat ini berpendapatan menengah atas. Diketahui status Indonesia naik ditetapkan pada laporan Bank Dunia pada 1 Juli 2020.

"Pertanyaannya apakah kita punya peluang untuk keluar dari middle income trap? saya jawab tegas, kita punya potensi besar, kita punya peluang besar untuk melewati middle income trap, kita punya peluang besar untuk menjadi negara berpenghasilan tinggi," kata Jokowi saat Peresmian Pembukaan Konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) Virtual Tahun 2020 di Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu (4/7).

Walaupun untuk jadi negara berpenghasilan tinggi bukanlah hal yang mudah. Hal tersebut kata Jokowi, terlihat beberapa negara yang bertahun-tahun dengan berstatus negara berpendapatan menengah atas.

"Mereka terjebak dalam middle income trap. Itulah yang tidak kita inginkan," ungkap Jokowi.

Sebab itu, Jokowi berharap seluruh pihak bisa berkontribusi untuk mencetak sejarah dan membuktikan Indonesia bisa maju. Serta tidak terjebak dengan status middle income.

"Satu abad republik Indonesia sudah dekat di 2045 nanti, tinggal 25 tahun lagi. Mari kita buktikan di tahun 2045 nanti Indonesia mampu menjadi negara berpenghasilan tinggi yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ungkap Jokowi. (mdk/did)

Baca juga:
Menko Airlangga Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2020 Minus 3,1 Persen
Menko Airlangga Soal Ekonomi di Masa Pandemi: Kita Melihat Ada Cahaya di Ujung
Harga Batu Bara Acuan Bulan Ini Turun Akibat Virus Corona
Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2020 Diprediksi Minus 6 Persen
Harga Emas Antam Naik Rp2.000 jadi Rp930.000 per Gram
Strategi Kemenparekraf Pulihkan Pariwisata Di Tengah Pandemi Virus Corona
Virus Corona Timbulkan Ancaman Inflasi dan Banjir Impor

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami