Jubir Presiden: Jokowi Ground Breaking Ibu Kota Baru Tahun ini

Jubir Presiden: Jokowi Ground Breaking Ibu Kota Baru Tahun ini
Desain Istana Negara di ibu kota baru. ©Instagram/Jokowi
UANG | 17 April 2021 15:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Juru Bicara Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Fadjroel Rachman memastikan, ground breaking atau peletakan batu pertama Istana Negara di ibu kota baru akan dilakukan pada tahun ini oleh Presiden Jokowi. Fadjroel mengatakan persiapan untuk ground breaking sudah lancar, baik dari Kementerian PUPR maupun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

"Ibu Siti Nurbaya (Menteri LHK) yang menangani untuk lingkungan hidup dan sekarang juga beliau sudah membuat semacam kebun hutan untuk penanaman kembali nanti beberapa lingkungan hutan yang rusak," kata Fadjroel dalam video di instagramnya, Sabtu (17/4).

"Karena 70 persen nanti IKN (ibu kota negara) itu adalah hutan hijau karena dia jadi paru-paru dunia," sambung Fadjroel.

Sementara terkait lokasi, dia menyebut Istana Negara di ibu kota baru, Kalimantan Timur (Kaltim) akan berada di atas bukit. Nantinya, kata dia, model Istana Negara berhadapan dengan Gedung DPR seperti Gedung Capitol dengan White House Amerika Serikat.

"Istana Negara itu nanti di atas bukit dan menghadap kota Balikpapan dan berhadapan juga secara langsung dengan nanti Gedung MPR-DPR. Jadi seperti kita di Washington DC itu antara Gedung Capitol degan White House. Jadi modelnya begitu," jelas Fadjroel.

Fadjroel sendiri telah meninjau langsung titik nol Istana Negara dan tugu Pancasila yang akan dibangun di ibu kota negara baru. Dia berangkat bersama Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Gubernur Kaltim Isran Noor, dan Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur.

Baca Selanjutnya: RUU Segera Dibahas DPR...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami